Rabu, 24 Mei 2017

Penyidik akan Minta Keterangan Ahli dari BKSDA


Jumat, 21 April 2017 | 10:59:51 WIB


Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, saat menunjuk barang bukti gading gajah yang berhasil diamankan
Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, saat menunjuk barang bukti gading gajah yang berhasil diamankan / Istimewa

JAMBI - Anggota Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi berhasil mengungkap kasus perdagangan gading gajah. Tiga pelaku berhasil ditangkap, yakni Arvin Hendarno (32) dan Saini (55), warga Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan, serta Mustafa Kamal (61) warga Sungai Asam, Kota Jambi.

Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi AKBP Agung Wahyu Nugroho saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, untuk kasus dengan tersangka Arvin Hendarno dan Saini, pihaknya saat ini masih melakukan pemberkasan. Dalam waktu dekat juga akan dilakukan permintaan keterangan ahli untuk melengkapi berkas pemeriksaan.

“Yang akan dimintai keterangannya adalah ahli Konservasi Sumber Daya Alam dan ahli perizinan satwa liar. Keduanya dari BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam,” ujar Agung, Kamis (20/4).

Sementara itu untuk kasus dengan tersangka Mustafa Kamal, Agung mengatakan beberapa waktu lalu berkas pemeriksaannya sudah dilimpahkan tahap I ke jaksa. Tersangka Mustafa sendiri saat ini dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Kita juga masih melakukan pengembangan guna mengungkap jaringan perdagangan gading gajah ini,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Arvin dan Saini ditangkap di halaman Bank Mandiri Jalan Gatot Subroto, Kota Jambi dengan barang bukti gading gajah. Sedangkan Mustafa ditangkap di sebuat ruko yang berlokasi di Jalan Hakim Perdanakusuma, Sungai Asam, Kota Jambi dengan barang bukti dua gading gajah.

Para tersangka dijerat dengan pasal 21 (2) huruf D jo pasal 40 (2) Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara serta denda Rp 100 juta.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments