Kamis, 17 Agustus 2017

Pentas Seni SMAN 8 Memukau

Ditampilkan Saat Pelepasan Siswa

Jumat, 21 April 2017 | 11:30:08 WIB


Kepala SMAN 8 Kota Jambi foto bersama mantan kepala SMAN 8 dan guru yang pernah mengabdi di sekolah tersebut.
Kepala SMAN 8 Kota Jambi foto bersama mantan kepala SMAN 8 dan guru yang pernah mengabdi di sekolah tersebut. / Jainal Abidin

JAMBI - Mengambil lokasi di lantai 5 Gedung Novita Hotel, Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 8 Kota Jambi menggelar acara pelepasan siswa-siswi kelas XII, Kamis (20/4) kemarin. Acara ini berlangsung sukses.

Kegiatan ini tampak lebih meriah saat para siswa menampilkan kreatifitasnya melalui pentas seni yang digelar dalam acara tersebut. Penonton yang terdiri dari para guru, siswa, orangtua murid dan tamu undangan tampak terpukau dengan penampilan para siswa itu.

Begitu banyak kreatifitas siswa yang ditampilkan dalam acara perpisahan tersebut, mulai dari tari, vocal, band dan pentas seni lainnya. Para guru, siswa serta tamu undangan yang tampak rapi dengan balutan jas itu, begitu menikmati pertunjukan seni yang ditampilkan para siswa. Tak mau ketinggalan, para guru pun ikut menampilkan kreatifitasnya dalam acara ini.

Dalam perpisahan itu, SMAN 8 Kota Jambi juga menundang pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, para mantan Kepala SMAN 8 dan guru-guru yang pernah mengabdikan diri di sekolah tersebut. Tak lupa pula, para perwakilan orangtua siswa juga diundang dalam acara ini.

Dalam acara ini, pihak sekolah memberikan kesempatan emas pada orangtua murid untuk memberikan sambutan perpisahan. Yulius, perwakilan orangtua siswa yang ditunjuk dalam moment tersebut menyampaikan, pelepasan ini diibaratkan pertandingan bola dalam fase babak final. Dimana, pada moment itulah akan datang penentuan kemenagan.

"Para siswa akan meninggalkan sekolah dan akan melanjutkan ke jengjang yang lebih tinggi. Di sini, mereka harus mememutuskan masa depan yang seperti apa, mereka harus benar-benar memikirkan sebelum memutuskan tersebut. Mereka harus memilih mau ke jenjang mana,” ujarnya beretorika.

Yulius juga mengucapkan ribuan terimakasih pada para guru dan pihak sekolah lainnya yang telah membimbing, mentransfer ilmu serta mengajarkan siswa tentang apa-apa yang harus dipersiapkan sebelum menempuh fase yang lebih tinggi.

Sekiranya para siswa berkelakuan kurang pantas, ia mewakili orangtua siswa menyampaikan permohonan maaf pada guru-guru dan pihak sekolah lainnya.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas bimbingannya pada anak-anak kami. Tak ada kata yang paling bijak untuk membalas jasa baik bapak ibu guru yang telah mendidik anak-anak kami. Hanya doa yang bisa kami panjatkan agar bapak ibu sehat dan bisa berkiprah untuk memberikan pendidikan pada siswa-siswi lainnya,” tutupnya.

Sementara itu Kepala SMAN 8 Kota Jambi, Sugiono dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya sengaja melibatkan mantan kepala sekolah yang pernah memimpin SMAN 8 dan para guru yang pernah mengabdikan diri di sekolah tersebut.

"Sebab, semua ini tidak terlepas dari peran kepala sekolah terdahulu dan para guru yang pernah mengabdikan diri di sekolah kita, sehingga sepantasnya-lah kita mengundang mereka untuk hadir di sini,” ujarnya.

Tak lupa pula, ia mengucapkan terimakasih atas dukungan dan support yang diberikan Disdik Kota Jambi atas pelaksanaan UNBK di sekolahnya. "Tanpa Disdik, pelaksanaan UNBK tak akan sukses," terangnya.

Ia juga berpesan kepada siswanya yang akan meninggalkan sekolah agar bisa melanjutkan cita-citanya di perguruan tinggi manapun sehingga sukses ke depannya.

"Tentunya setelah menyelesaikan pendidikan dibangku SMA, tugas kami para guru sudah usai. Kalianlah nantinya yang akan menentukan masa depan kalian," sebut Sugiono.

Sementara Kepala Disdik Provinsi Jambi, diwakilkan Kepala Bidang Balai Informasi Pendidikan Disdik Provinsi Jambi, Ayani menyampaikan, berharap siswa-siswi yang lulus mampu bersaing dengan lulusan sekolah lain, sehingga mampu memasuki perguruan tinggi terbaik.

"Bukan hanya bersaing di sekolah, dalam perguruan tinggi juga lulusan SMA Jambi harus bisa bersaing dengan sekolah daerah lain," tegasnya.

Selain acara pelepasan siswa Kelas XII, sekolah juga memberikan kenang-kenangan mantan kepala sekolah dan dua guru yang pernah mengabdikan diri di SMAN 8. Kemudian, sekolah juga memberikan penghargaan award pada para siswa yang berprestasi dimasing- masing kategori.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments