Kamis, 25 Mei 2017

Pelepasan Siswa SMKN 1 Berlangsung Khidmat

Kepsek: Jangan Lupakan Almamater, Manfaatkan Ilmu Sebaik-baiknya

Jumat, 21 April 2017 | 11:36:44 WIB


Kepala SMKN 1, para guru, siswa dan tamu undangan foto bersama
Kepala SMKN 1, para guru, siswa dan tamu undangan foto bersama / Jainal Abidin

JAMBI – Usai menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Jambi, Kamis (20/4) kemarin, melepas para siswa-siswi kelas XII yang telah mengakhiri masa pendidikannya. Acara yang berlangsung di Hotel Abadi Suite tersebut, berlangsung khidmat dan sukses.

Selain dihadiri para guru dan siswa di lingkungan SMKN 1 Kota Jambi, acara perpisahaan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi yang diwakilkan pengawas dari Disdik Provinsi Jambi, serta perwakilan orangtua siswa.

Kepala SMKN 1 Kota Jambi, Edward Toni disela- sela acara tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan. Meski demikian, moment ini begitu penting, karena banyak pesan yang akan disampaikan sebelum para siswa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Moment ini kan hanya terjadi setahun sekali. Tapi moment ini penting, sebab banyak pesan dan nasehat yang akan didapatkan siswa sebelum meneruskan cita-citanya ke jenjang selanjutnya," ujarnya.

Beberapa pesan penting itu, kata Edward, diantaranya yakni diharapkan pada para siswa-siswi yang akan mengkahiri masa tugas belajar di sekolah tersebut untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kemudian para siswa juga diminta memanfaatkan ilmu pengetahuan yang telah didapat dibangku sekolah sebaik-baiknya.

"Siswa harus kreatif mengimplementasikan ilmunya yang didapat di SMKN 1 ini. Baik itu siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi maupun yang akan bekerja," katanya.

Ia juga meminta, para siswa-siswi tersebut jangan cepat melupakan almamaternya. Sebab, begitu banyak kenangan selama tiga tahun kebersamaan di sekolah, baik itu sesama rekan siswa maupun bersama guru.

"Kami berharap mereka tetap berkominikasi dengan sekolah, sehingga kita yang ditinggalkan tidak dilupakan," pintanya.

Uniknya di sekolah ini, selain mendapatkan ijazah, para siswa juga akan mendapatkan sertifikat keahlian. Sertifikat ini bisa dipergunakan para siswa jika ingin melamar pekerjaan.

"Ini lebih dibutuhkan saat akan meneruskan pendidikan atau mencari pekerjaan," imbuhnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa ada imbauan Disdik Provinsi Jambi yang membatasi sekolah dalam penerimaan siswa baru nantinya. Imbauan ini, kata dia, akan dipertimbangkan agar dapat mengedepankan kualitas pendidikan.

"Kalau untuk jumlah perkelas kita memaksimalkan 36 orang dengan 4 jurusan. Saat penjaringan yang akan kita lihat kualitas dan bukan kuantitasnya," ujarnya.

Untuk diketahui, tahun ini SMKN 1 Kota Jambi melepas sebanyak 388 orang siswa-siswi kelas XII dari 4 jurusan yang ada di sekolah tersebut. Tak lupa pula, sekolah memberikan aprisiasi kepada siswa yang berprestasi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments