Senin, 18 Desember 2017

Tips Membuat Pakaian Putih Cemerlang


Sabtu, 06 Mei 2017 | 10:34:28 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Foto : brightside.me

MEMILIH pakaian berwarna putih itu kadang menyebalkan, kenapa? Karena pakaian putih membutuhkan perawatan ekstra. Kawan Muda suka sebal enggak sih kalau baju yang awalnya putih lama-lama berubah menguning atau keabu-abuan?!?

Enggak hanya pakaian saja sih,  korden atau sprei berwarna putih lama-lama juga jadi buluk. Hemm… enggak sedap dipandang mata kan Kawan Muda? Eits…eits…jangan bersedih dulu karena Kita Muda punya 5 cara praktis biar pakaian berwarna putihmu selalu awet kinclong warna putihnya. Yuk, langsung disimak tipsnya!

Cara 1 : Memutihkan dengan campuran deterjen dan lemon.

Campuran deterjen dan lemon terbukti sangat ampuh untuk mengusir noda membandel di daerah ketiak atau kerah. Untuk membuatnya,  caranya cukup mudah kok. Pertama-tama tuangkan 2 liter air panas ke dalam ember cuci. Tambahkan air perasan lemon (3 buah lemon), 1 sdm garam, dan tentu saja ¼ cup deterjen bubuk.

Setelah campurannya siap, rendam pakaian putihmu dalam cairan tersebut selama 40 menit. Kalau sudah, bilas dengan air bersih sebanyak 2—3 kali.

Cara 2: Memutihkan dengan lemon dan baking soda.

Noda membandel di kerah dan ketiak juga bisa dibersihkan dengan lemon dan baking soda. Caranya mudah, tuangkan 1 sdm baking soda di area pakaian yang terkena noda. Iris lemon menjadi dua bagian lalu gosok-gosokkan pada area yang tadi sudah ditaburi baking soda. Diamkan selama 15 menit kemudian cuci seperti biasa dengan air hangat.

Cara 3: Memutihkan dengan lemon dan air.

Cara paling simpel dan natural untuk membuat pakaian putih tetap kinclong (tanpa merusak serat kainnya) adalah dengan merendamnya di air hangat yang sudah diberi perasan lemon (2 buah lemon). Cukup rendam pakaian Kawan Muda selama 40 menit  sebelum mencucinya dengan deterjen seperti biasa.

Cara 4: Memutihkan dengan cuka putih dan air.

Cara natural lainnya yang bisa Kawan Muda coba adalah merendam pakaian putih dalam cairan yang terbuat dari 1 liter air dan ½ cup (100 ml) cuka putih. Rendam selama 40 menit dan kalau kamu ingin membersihkan noda bekas keringat yang membandel, tuangkan langsung cuka di area yang terdapat noda dan kotoran.

Cara 5: Memutihkan dengan amonia dan hidrogen peroksida.

Kawan Muda juga bisa membuat pakaian putih tetap kinclong dengan merendamnya selama 10 menit dalam campuran ¼ cup hidrogen peroksida, 4 tetes amonia, dan 1 liter air. Setelah itu, cuci dengan deterjen seperti biasa.

Nah, itu tadi adalah cara  untuk membuat pakaian putihmu awet kinclongnya. Selain mudah dan cepat, bahan-bahannya pun mudah ditemukan, kan? Semoga tips ini bisa membantu ya, Kawan Muda


Penulis: Kitamuda.id
Editor:
Sumber: Kitamuda.id

TAGS:


comments