Sabtu, 27 Mei 2017

Lomba Perahu Bisa Jadi Daya Tarik Wisata


Minggu, 14 Mei 2017 | 23:23:07 WIB


Lomba pacu perahu di Sungai Batanghari
Lomba pacu perahu di Sungai Batanghari / Amril Hidayat

JAMBI - Ribuan masyarakat Provinsi Jambi, Minggu (14/5), memadati tepian Sungai Batanghari. Kehadiran warga ini untuk menyaksikan lomba perahu tradisional dalam rangkaian semarak HUT Tanah Pilih Pusako Betuah ke 616 dan HUT Pemerintah Kota Jambi ke 71.

Warga yang hadir bukan hanya dari Kota Jambi namun juga dari Kabupaten lain yang berada di Provinsi Jambi. Lomba perahu tradisional digelar di Sungai Batanghari mengambil start di Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danauteluk dan finish di kawasan Tanggo Rajo.

Selain lomba perahu, untuk menjadikan daya tarik wisata, Pemerintah Kota Jambi juga menggelar kontes perahu hias yang diikuti oleh 11 Kecamatan dalam Kota Jambi. Perahu yang dihias cantik dengan memebentuk sisi depan perahu seperti kepala angsa menjadi cirri khas tersendiri melambangkan Kota Jambi.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan, lomba perahu tersebut merupakan rangakaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Tanah Pilih Pusako Betuah ke 616 dan HUT Pemerintah Kota Jambi ke 71. Kegitan lomba perahu, dan kontes perahu hias ini, sebut Fasha sengaja dibuat sangat meriah untuk menghibur masyarakat kota Jambi.

“Ini merupakan sarana hiburan bagi masyarakat Kota Jambi dan sekitarnya. Kedepan akan kita buat event serupa yang lebih besar dan setingkat nasional,” kata Fasha.

Dia menambahkan, dengan digelarnya event setingkat nasional tersebut, maka diharapkan banyak masyarakat dari luar Kota Jambi yang datang, sehingga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Selain itu juga dapat mempromosikan potensi Kota Jambi mulai dari UMKM, kerajinan, kuliner, dan lain sebagainya. ”Ini ada dua kelas yaitu perahu hias dan lomba dayung," ujarnya.

Selain untuk hiburan masyarakat, kata Fasha, kegiatan ini juga untuk mencetak atlet profesional di bidang olahraga dayung. Kedepan sungai Batanghari ini akan dikembangkan untuk sarana olahraga dan kepariwisataan. "Kedepan akan kita kembangkan water front city. Jadi nanti bisa jadi kebanggan masyarakat," pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments