Sabtu, 23 September 2017

Dinkes Batanghari Ajukan Enam Puskesmas


Selasa, 16 Mei 2017 | 11:12:52 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARABULIAN – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah mengeluarkan peraturan pada 2019 setiap kecamatan harus memiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terakreditasi.

Di Kabupaten Batanghari sendiri hanya ada tujuh Puskesmas yang telah terakreditasi. Sementara total Puskesmas semuanya berjumlah 17 unit yang tersebar di delapan kecamatan.

Penilaian akreditasi ini merujuk pada adminitrasi dan managemen Unit Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Unit Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Batanghari, Rinaldy mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan mengajukan enam Puskesmas untuk dilakukan akreditasi.

"Caranya, dengan melakukan pendampingan terlebih dahulu yakni kepada Puskesmas Tenam, Pasar Terusan, Pasar Tembesi, Puskesmas Sungai Puar, Puskesmas Aro dan Puskesmas Maro Sebo Ilir," ujar Senin (15/5).

Ia menjelaskan, dari tujuh Puskesmas yang sudah di akreditasi, lima diantaranya berasal dari APBD Batangahari dan dua lainnya dari APBD Provinsi.

"Empat Puskesmas terakreditasi Madya yakni Puskesmas Muara Bulian, Penerokan, Durian Luncuk, Mersam, dan Muara Tembesi terakreditasi
dasar,” jelas Rinaldy.

"Sementara dua Puskesmas yang bersumber dari APBD Provinsi dan terakreditasi dasar yakni Puskesmas Jembatan Mas dan Sungai Rengas,” imbuhnya.

Pangajuan untuk Puskesmas terakreditasi, sambungnya, tentu terkendala dana. Dan pengajuan akreditasi tahun ini pihaknya akan melalui dana DAK tahun depan.

Menurutnya, ada perbedaan akreditasi terhadap tahun lalu, yakni pihaknya masih dikasih kesempatan pada saat itu untuk melengkapi kekurangan sebelum tim penilai datang. "Kalau tahun ini apa yang kita dapat ya itulah yang kita dapat. Jadi ketat,” tegasnya.

Dilakukannya akreditasi pada Puskesmas, adalah agar agar pelayanan kesehatan ditingkat dasar dapat diberikan lebih maksimal.
Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Batangahari sendiri optimis tahun yang akan datang semua Puskesmas terakreditasi.

"Misalnya 1 kecamatan punya 2 puskesmas, salah satunya itu harus terakreditasi sesuai Peraturan Kemenkes. Tapi kita rencanakan semua Puskesmas akan terakreditasi pada tahun depan,” katanya.


Penulis: Junaidi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments