Sabtu, 23 September 2017

Sekda Ajak Generasi Muda Lanjutkan Cita-cita Pejuang Bangsa


Rabu, 17 Mei 2017 | 11:04:41 WIB


Pj Sekda Provinsi Jambi, H Erwan Malik bersama Bupati Batanghari Syahirsyah diwawancarai oleh wartawan
Pj Sekda Provinsi Jambi, H Erwan Malik bersama Bupati Batanghari Syahirsyah diwawancarai oleh wartawan / Anton

BATANGHARI– Pj Sekda Provinsi Jambi Drs H Erwan Malik MM mengajak generasi muda untuk melanjutkan cita-cita para pejuang bangsa Indonesia.

Ajakan itu dikemukakan Sekda dalam Pembukaan Napak Tilas Jejak Pahlawan bagi Generasi Muda Tingkat Provinsi Jambi tahun 2017, di Gedung Olah Raga (GOR) Sport Centre, Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Selasa (16/5).

Napak Tilas Jejak Pahlawan yang diikuti para pelajar dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi ini, diawali dengan penampilan defile dari masing-masing kontingen dan pembukaannya ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda.

Erwan Malik menghimbau pemuda agar selalu menanamkan nasionalisme dan semagat rela berkorban serta meningkatkan kompetensi, kreativitas, wawasan, sikap dan pola pikir untuk maju jauh ke depan, dan senantiasa mantapkan komitmen moral dan semangat perjuangan dalam menyatukan tekad, guna mewujudkan cita-cita para pejuang Indonesia dalam pembangunan di segala bidang.

Sekda menyampaikan, napak tilas jejak pahlawan untuk mengenang kembali jasa-jasa perjuangan sebagai sebuah peristiwa heroik, dan juga sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang dan pahlawan.

“Semoga dengan agenda napak tilas jejak pahlawan, kita dapat mengaktualisasikan nilai-nilai dan semangat kepahlawanan pada setiap generasi muda untuk dapat melanjutkan cita-cita perjuangan dengan berpartisipasi aktif bersama membangun Provinsi Jambi," katanya.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawannya, itulah moto yang dapat diberikan kepada para pahlawan Kusuma Bangsa yang telah berkorban tanpa pamrih dengan tetes darah dan air mata merebut dan mempertahankan NKRI. Dengan semangat kepahlawanan yang telah diwariskan pahlawan senantiasa dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi anak bangsa untuk terus tingkatkan pembangunan khususnya di Jambi," katanya lagi.

Semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan generasi muda dewasa ini, kata Sekda sudah mulai luntur. Ini disebabkan kurangnya pemahaman generasi muda dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kadang-kadang mereka mudah terprovokasi oleh masukan/hasutan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, yang segaja ingin merusak dan memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia, serta dalam melakukan aksinya tanpa mengindahkan aturan norma dan adat istiadat yang berlaku,’’ ungkapnya.

‘’Apabila hal ini dibiarkan dan tidak diantisipasi sedini mungkin, maka akan merusak norma dan tatanan kehidupan bangsa dan bernegara yang akhirnya bangsa Indonesia akan terpecah belah dan terjadinya disintegrasi bangsa," katanya.


Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments