Sabtu, 23 September 2017

Dewan Usulkan 3 Perda Inisiatif

Bahas 16 Perda Dalam Satu Tahun

Rabu, 17 Mei 2017 | 11:10:24 WIB


Anggota DPRD Kota Jambi
Anggota DPRD Kota Jambi / Amril Hidayat

JAMBI- DPRD Kota Jambi selama 2017 ini membahas sebanyak 16 Rancangan Peraturan Daerah (Perda). Terdiri dari tiga Ranperda inisitif dari Dewan dan 13 Ranperda dari Eksekutif.

Selama 2017 ini, sudah ada dua Perda yang disahkan oleh DPRD Kota Jambi dan 14 Ranperda lainnya sedang di bahas oleh Pansus. Disampaikan,  HM Nasir, Ketua DPRD Kota Jambi, tiga Ranperda inisiatif dewan tersebut diantaranya Ranperda tentang Pengelolaan Koperasi, Ranperda tentang Penyelenggaraan Jalan dan Ranperda tentang Pelatihan Produktifitas Tenaga Kerja.

“Perda inisiatif dewan ini tujuannya untuk mendorong pemerintah agar lebih maju dan memperhatikan beberapa bidang yang kita usulkan tersebut. Seperti jalan, koperasi dan tenaga kerja di kota Jambi,”bebernya.

Sementara itu menurut Nasir,  Ranperda Penyelenggaraan Jalan bertujuan untuk melegalkan atau penetapan jalan. Mana jalan milik kota Jambi, jalan lingkungan, ataupun jalan milik Provinsi Jambi.

“Jalan kita banyak yang belum ada nama dan itu harus dilegalkan. Jika sudah ditetapkan dalam perda, maka akan lebih mudah bagi pemerintah kota Jambi untuk mengusulkan program pembangunan jalan ke pusat. Karena itu salah satu syarat di Kementrian untuk kita bisa mendapatkan DAK adalah legalisasi jalan. Mana jalan provinsi, kota, jalan lingkungan atau saat inikan banyak juga masyarakat yang menyumbangkan tanahnya untuk dijadikan jalan,”ujarnya.

Sementara itu untuk Ranperda tentang Pelatihan Produktifitas Tenaga Kerja,  ingin mendorong peningkatan daya saing tenaga kerja di era
keterbukaan saat ini.

“Kita dorong pemerintah untuk mempersiapkan upaya peningkatan sumber daya manusia yang siap pakai. Misalnya kita mendorong untuk mendirikan semacam balai pelatihan kerja (BLK) atau workshop. Intinya kita ingin agar tenaga kerja di Kota Jambi ini siap kerja dan siap pakai,”bebernya.

Dijelaskannya bahwa 16 ranperda yang dibahas pada 2017 ini adalah Ranperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor 4 tahun 2012 tentang retribusi perizinan tertentu, Ranperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor 3 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha , ranperda perubahan atas Perda nomor 7 tahun 1974 tentang perusahaan daerah air minum kota Jambi. Lalu Ranperda tentang penyertaan modal daerah kepada perusahaan daerah air minum Tirta Mayang Kota Jambi, Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum.

“Sudah ada dua Perda yang kita sahkan. Selebihnya masih dalam proses pembahasan di Pansus,”ujarnya.  Sementara itu, menyambut HUT pemerintah Kota Jambi ke 71 tahun dan Tanah pilih pusako betuah ke 616, ketua DPRD Kota Jambi M Nasir berharap agar kota Jambi menjadi kota yang semakin maju dan berkembang.

Juga memiliki sumber daya manusia yang semakin meningkat. “Saya berharap Kota Jambi semakin maju dan berkembang. Pembangunan semakin meningkat sehingga berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat yang semakin baik dan sejahtera. Menjadi kota yang aman dan tertib dan memiliki sumber daya manusia yang semakin maju,”harapnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments