Jumat, 21 Juli 2017

Ambulance Dinilai Tak Layak, Kadinkes: Masih Baru dan Ada yang Pakai Pajero


Kamis, 18 Mei 2017 | 11:33:50 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

SAROLANGUN – DPRD Sarolangun menilai mobil ambulance di daerah terpencil sudah tak layak pakai. Untuk itu, wakil rakyat meminta agar mobil tersebut segera diganti dengan yang baru.

Hal ini disampaikan juru bicara fraksi PKS, M Safii dalam rapat paripurna yang digelar DPRD Sarolangun, belum lama ini. Dalam paripurna itu, Safii meminta agar pelayanan ditingkat dasar harus ditingkatkan. Salah satu upayanya, sarana dan prasarana juga harus ditingkatkan.

“Kita lihat mobil ambulance yag digunakan Puskesmas terpencil sudah sangat tidak layak,” ujarnya. Untuk itu, mobil ambulance tersebut harus segera diganti. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa maksimal. “Kami minta agar ambulance yang tidak layak operasi segera diganti,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun, H Adnan saat dikonfirmasi justru menyebut bahwa mobil puskesmas keliling atau ambulance yang ada di puskesmas semuanya masih baru.

Bahkan ada beberapa puskemas, mobil puskemas kelilingya adalah pajero sport. “Sudah bagus semuanya kendaraan operasional di puskemas. Bahkan sudah ada yang menggunakan pajero sport,” ujar Adnan.

Dijelaskannya, di Sarolangun terdapat 16 puskemas yang tersebar di 10 kecamatan yang ada. Dari jumlah tersebut saat ini hanya ada tiga puskemas yang belum memiliki mobil puskesmas keliling.

“Tapi untuk yang tiga puskemas tersebut mobilnya telah ada. Tinggal kita serahkan saja,” jelasnya.

Menurut Adnan, pengadaan mobil untuk puskemas tergolong baru diadakan, yakni 2014 lalu. Dan pada 2017 ini juga ada diadakan untuk operasional di puskemas yang ada.

“Sekarang ini kita lebih penekanan untuk kegunaan dan pemeliharaannya. Kalau untuk mobil semuanya telah ada dan baru,” katanya lagi.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments