Rabu, 22 November 2017

Tanjabtim Masuk 50 Daerah Cetak KIA


Kamis, 18 Mei 2017 | 11:43:24 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARASABAK - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanjabtim masuk peringkat nasional dalam pencapaian pembuatan akta kelahiran.

Sedangkan di Provinsi Jambi, Tanjabtim mendapat peringkat satu dan untuk wilayah Sumatera mendapat peringkat dua.

Atas pencapaian prestasi ini Kabupaten Tanjabtim masuk dalam 50 kabupaten/kota untuk pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Dikcapil Syahruddin menyebutkan, salah satu kriteria menjadi kabupaten/kota dalam penerbitan KIA adalah prioritas yakni cakupan kepemilikan akta kelahiran kabupaten/kota lebih dari 75 persen.

"Alhamdulillah atas apa yang diraih Disdukcapil terkait pencapaian pembuatan akta kelahiran sehingga dipercaya tahun 2017 untuk mencetak KIA," ungkapnya, Rabu (17/5).

Syahruddin mengatakan, untuk pemberian KIA diperuntukkan bagi anak usia 0 sampai kurang dari 17 tahun dan belum menikah. Hal ini berdasarkan peraturan Permendagri nomor 2 tahun 2016.

Sementara itu Kabid Kependudukan M Sainal mengatakan dalam pembuatan akta kelahiran di Tanjabtim mencapai 96,3 persen. "Program akan direalisasikan di 2017, tinggal menunggu blangko dari pusat "ujar kabid.

Saat ini tahapan yang sudah dilakukan adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang melibatkan kepala desa,  sekolahan dan masyarakat langsung.

"Sosialisasi sudah dilaksanakan, tinggal menunggu blangko dan sasaran adalah lingkungan keluarga, masyarakat sekitar, serta sekolahan SD dan SMP," jelasnya.

Sedangkan kriteria anak dalam partisipasi KIA dari 0 sampai 18 tahun. Pada dasarnya ini bermanfaat untuk membuat identitas diri apalagi anak-anak yang putus sekolah.

"Respon masyarakat sangat luar biasa. Apalagi sekolahan, bahkan sudah ada 2 sekolah di Tanjab Timur yang meminta perekaman pertama dan mudah-mudahan ini bisa berjalan baik dan lancar nantinya," harapnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments