Sabtu, 23 September 2017

59 Siswa SDIT Dan SMPIT Baiturrahim Khatam Al Qur'an


Kamis, 18 Mei 2017 | 14:06:12 WIB


Kegiatan khatam Al-Quran di masjid sekolah.
Kegiatan khatam Al-Quran di masjid sekolah. / Jainal Abidin

JAMBI - Sebanyak 59 siswa Kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dan Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Yayasan Baiturrahim Kota Jambi, melakukan Khatam Al Qur'an di Masjid lingkungan sekolah, Kamis (18/5).

Sebelumya, para siswa dan guru melakukan pawai keliling berjalan kaki dimulai dari Masjid Azizi Kebon Jeruk Kota Jambi hingga menuju sekolah.

Bendahara Yayasan Baiturrahim Jambi, Hj Nurhayati mengatakan, kegiatan Khatam Al Qur'an ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk peningkatan pendidikan agama siswanya.

"Karena sekolah kita Islam Terpadu, jadi penekanan ilmu keagamaan sangat diutamakan," ujarnya.

Siswa yang mengikuti khatam Al Qur'an, adalah siswa SD Kelas VI sebagai syarat kelulusan dan siswa SMP Kelas VII sebagai syarat kenaikan kelas.

"Jadi, untuk naik ke jenjang selanjutnya, mereka harus hafal Juz 30, dan bisa membaca Al Qur’an untuk kelas VII SMP," katanya.

Tahun ini, siswa yang mengikuti Khatam Al Qur’an, sebanyak 59 orang. "Kelas VI SD ada 11 orang, dan Kelas VII SMP 48 orang," ungkapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini, anak didiknya memiliki pegangan ilmu agama yang kuat untuk diri sendiri maupun orang lain. "Tentunya mencintai Al Qur’an dan rajin membacanya, sehingga bisa dipergunakan di masyarakat," sebutnya.

Sekolah juga mengharapkan peran orangtua untuk dapat mendampingi anaknya untuk membaca dan menghafal Al Qur’an. " Tanpa peran orangtua, anak tidak dapat melakukannya di rumah," harapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments