Jumat, 21 Juli 2017

Ayo Datang ke Jambi Expo dan Job Fair, Ada Ribuan Lowongan Kerja yang Disediakan


Jumat, 19 Mei 2017 | 14:23:33 WIB


Job Fair 2017 dalam rangka hari jadi Kota Jambi ke 71
Job Fair 2017 dalam rangka hari jadi Kota Jambi ke 71 / Istimewa

JAMBI- Salah satu rangkaian kegiatan dalam  semarak HUT Pemerintah Kota Jambi ke 71 dan hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah yang ke 616, adalah kegiatan Jambi Expo dan Job Fair.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari tersebut, dibuka Kamis (18/5) kemarin di lapangan Balai Kota Jambi. Ribuan lowongan kerja tersedia pada Job Fair tahun 2017 ini.

Walikota Jambi Sy Fasha mengatakan, Jambi Expo dan Job Fair ini, merupakan agenda tahunan Kota Jambi dalam rangka memeperingati HUT Pemerintah dan hari jadi Tanah Pilih Pusako Betuah Kota Jambi .

Menurut Fasha, job Fair ini diadakan karena memang di Kota Jambi angka pencari kerja cukup tinggi. Setiap tahun ada 14 ribu pencari kerja di Kota Jambi. Namun jumlah pencari kerja tersebut tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan pekerjaan.

“Perusahan di Kota Jambi hanya mampu menyerap lebih kurang 2 ribu tenaga kerja. Artinya baru bisa menyerap 18 persen pencari kerja kita,” kata Fasha.

Inilah sebut Fasha, yang harus dicarikan solusinya bagaimana. Fasha mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kota Jambi banyak mengundang investor untuk berinvestasi di Kota Jambi.

“Demi untuk menyalurkan pencari kerja ini,” ujarnya “Makanya diadakan Job Fair, agar tidak ada diskriminasi. Kalau ada investor masuk, kami syarakat minimal 85 persen menyerap tenaga lokal,” tukasnya.

Disampaikan Fasha, Pemerintah Kota Jambi sudah punya database tenaga kerja, jika ada perusahaan yang membutuhkan. “Kami punya database. Butuhnya tenaga apa, SMA, SMK, Sarjana. Ada semua,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Syahril Samingin mengatakan untuk acara Job fair ini diikuti oleh 20 perusahaan. Untuk lowongan kerja, sebut dia ada sebanyak 2.150 an.

"Penyelengaraannya selama lima hari, mulai tanggal 18 sampai 22 Mei nanti," katanya. Dengan adanya job fair ini, sebut dia diharapkan bisa menjaring banyak tenaga kerja local. “Teruma bagi mereka yang tamat tahun ini,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments