Sabtu, 18 November 2017

Ratusan Hektar Sawah di Kerinci Masih Terendam Banjir


Jumat, 19 Mei 2017 | 16:04:23 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

KERINCI - Areal persawahan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kerinci saat masih banyak yang terendam banjir, baik sawah yang belum ditanami padi maupun yang sudah ditanam padi. Seperti di Kecamatan Keliling Danau, masih ada puluhan hektare sawah yang masih terendam.

Menurut para petani, kondisi ini sudah berlangsung selama lebih kurang empat bulan. Sementara itu di Tanjung Pauh Mudik, lebih kurang 20 hektare sawah yang masih terendam.

“Areal persawahan saat ini masih terendam, karena air sungai meluap,” ujar salah seorang petani di Tanjung Pauh Mudik, Jumat (19/5).

Kondisi ini membuat petani tak bisa menanam padi, karena ketinggian air melebihi ketinggian benih padi. Selain itu ada juga beberapa hektare benih padi yang telah membusuk. "Sebelumnya sempat surut, sekarang terendam lagi," tandasnya.

Sementara itu Kabid Tanaman Pangan pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci Hamim, menyebutkan sejak Januari hingga Maret 2017 terdata sebanyak 330 hektare sawah terendam. Hanim menyampaikan kondisi ini terjadi di empat Kecamatan yakni Siulak, Siulak Mukai, Kecamatan Danau Kerinci, dan Kecamatan Keliling Danau.

"Memang masih ada sawah yang terendam. Data dari pengecekan kita dilapangan sampai Maret terdata 330 hektare sawah terendam dan tak bisa diolah," ungkapnya.

Hanim mengatakan, upaya dari dinas Tanaman Pangan yakni masih menunggu pendataan untuk kategori yang terkena fuso total. "Nanti akan kita upayakan bantuan benih. Saat ini masih kita lakukan pendataan," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments