Minggu, 25 Juni 2017

Sekda: 30 Persen Perwakilan Perempuan Harus Terpenuhi


Jumat, 19 Mei 2017 | 16:10:45 WIB


Sekda Merangin H Sibawaihi
Sekda Merangin H Sibawaihi / Riki Saputra

BANGKO - Perwakilan perempuan sebanyak 30 persen dari jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD Merangin pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 harus terpenuhi, sehingga ada perwakilan perempuan di Dewan. Hal tersebut ditegaskan Sekda Merangin H. Sibawaihi saat membuka acara sosialisasi undang undang politik, bagi kalangan perempuan di aula Hotel Family In, Jumat (19/5).

“Sudah empat kali Pemilu, perwakilan perempuan 30 persen di dewan belum pernah terpenuhi. Kedepan saya mengharapkan harus ada perwakilan perempuan yang duduk menjadi anggota DPRD Merangin,” ujar Sibawaihi.

Ia mengaku tidak tahu secara pasti mengapa perwakilan perempuan 30 persen di dewan belum juga bisa terpenuhi. Padahal, lanjut Sibawaihi, bila ada perwakilan perempuan di Dewan, tentu hak-hak perempuan itu akan diperjuangkan.

Untuk itu, Sibawaihi mengajak seluruh perempuan Merangin mengatur kekuatan dan kekompakan, agar bisa mendudukan perwakilannya di Dewan. Namun demikian, sekda mengingatkan kalau perempuan itu tetap perempuan.

“Jangan pula nanti mentang-mentang sudah menjadi anggota Dewan, suami tidak dihargai dan lupa atas kondratnya sebagai ibu rumah tangga. Jadi harus bisa menempatkan tugas pokok dan fungsinya. Layani suami dengan baik,” pungkasnya.

Acara sosialisasi sosialisasi undang undang politik bagi kalangan perempuan tersebut, diikuti sekiar 80 orang peserta. Para peserta itu berasal dari berbagai organisasi wanita di Merangin. Diantaranya peserta berasal dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Merangin, Dharma Wanita, PKK, Persit, Bhayangkari dan Aliansi Perempuan Merangin (APM).


Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments