Sabtu, 21 Oktober 2017

Gerak Cepat Pemkot Bantu Korban Banjir


Kamis, 15 Juni 2017 | 11:33:01 WIB


Walikota Jambi Sy Fasha yang turun langsung dan memberi arahan penanganan korban banjir
Walikota Jambi Sy Fasha yang turun langsung dan memberi arahan penanganan korban banjir / Amril Hidayat

JAMBI- Curah hujan yang tinggi Selasa malam (13/6) menyebabkan ratusan rumah warga d dalam Kota Jambi tergenang banjir. Untuk membantu warga Kota Jambi yang rumahnya tergenang banjir, jajaran  Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi langsung dibawah komando Walikota Sy Fasha bergerak cepat.

Walikota bahkan langsung turun kelapangan mengecek kondisi air yang menggenangi rumah warga, walikota juga meninjau drainase penyebab banjir.

Bahkan walikota yang turun langsung melihat banjir juga ikut membantu evakuasi warga yang terjebak banjir.

Fasha pun langsung turun memimpin proses evakuasi. Dengan menggunakan perahu karet, sebagian warga yang terdiri dari anak-anak dan orang tua, telah di ungsikan sementara di tempat yang  lebih aman.

Di lokasi tersebut, terdapat seorang warga yang menderita stroke. Fasha pun memerintahkan tim untuk mengevakuasi warga tersebut, guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dengan menggunakan perahu karet, kakek berusia sepuh tersebut berhasil di evakuasi.

“Walaupun debit air telah mulai menyusut, namun arus air cukup deras dan permukaan tanah dibawah labil serta licin. Hal tersebut tentunya membahayakan warga. Oleh karena itu proses evakuasi lebih tepat dilaksanakan dengan menggunakan perahu karet, untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan,” kata Fasha.

Untuk membantu warga, walikota menginstruksikan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  agar bergerak cepat memberikan bantuan kepada terkena dampak banjir.

Dan instruksi tersebut langsung direspon oleh masing-masing OPD, ini terlihat kemarin (14/6) petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan sudah stan by memberikan  bantuan kepada korban banjir yang membutuhkan bantuan.

Selain itu Dinas Damkar dan Penyelamatan tampak sudah mulai mempersiapkan pemasangan tenda-tenda darurat jika ada masyarakat yang mengungsi.

“Bila memang ada warga yang akan mengungsi kita siap, tinggal pasang tendanya,” tutur Kadis Damkar dan Penyelamatan, Ridwan.
Menurut Ridwan, sementara ini warga masih memilih menumpang dirumah keluarga atau tetangga terdekat, dan belum ada permintaan untuk mengungsi.

“Yang penting kita siap 24 jam kapan saja sesuai arahan bapak Wali Kota,” tambah Ridwan.

Sementara itu Kadis Sosial Kaspul juga sudah tampak melakukan brifing pagi ini dengan melibatkan taruna penanggulangan bencana (TAGANA).

“Tim sudah turun kelapangan, kita bentuk beberapa tim menuju beberapa lokasi terdampak, kita juga sudah berkoordinasi dengan Camat, Lurah dan RT untuk melakukan pendataan warga korban banjir ini,”  kata Kaspul.

Sementara itu,  Kadis Kesehatan dr. Ida Yuliati, sudah terlihat bersama berada di Lapas kelas IIA Jambi.

Dia menyebutkan setelah mendapatkan instruksi walikota, pihaknya langsung bergerak cepat.

“Kami bersama beberapa orang dokter dan perawat akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga kita akibat dampak banjir ini, tim juga kami bagi dibeberapa lokasi. Termasuk di Lapas ini,’ sebut dr Ida.

Menurut Parti, Kadis PU Kota Jambi bahwa pihaknya telah mempersiapkan beberapa alat berat untuk diturunkan kelokasi yang membutuhkan penanganan dengan alat berat. Ini untuk membantu membersihkan drainase yang tersumbat ataupun sungai yang mengalami pedangkalan.

“Alat berat telah kita siapkan, sekarang tim kita sudah turun melakukan pemantauan aliran anak-anak sungai dan drainase,”bebernya

Kabag Humas Kota Jambi Abu Bakar, menjelaskan bahwa Wali Kota Jambi Syarif Fasha juga telah menginstruksikan agar Camat dan Lurah untuk siaga berada di wilayah masing-masing.

“Camat dan Lurah juga sudah diminta siaga di wilayah masing-masing. Semua sumberdaya Pemkot ini kita sinergikan untuk melakukan optimalisasi penanggulangan bencana ini,” terangnya.

Sebagaimana arahan Wali Kota Jambi tadi malam, aparatur Pemerintah Kota Jambi diminta bekerja lebih cepat dan tepat membantu warga, oleh karenanya jajaran Pemerintah Kota Jambi memang telah disiagakan sejak tadi malam, koordinasi antar instansi pun nampak berjalan dengan baik.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments