Minggu, 19 November 2017

PetroChina International Jabung Berpartisipasi Aktif di Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia


Minggu, 23 Juli 2017 | 11:40:44 WIB


/ istimewa

JAMBI - Memeriahkan kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang berlangsung 21 – 23 Juli, PetroChina International Jabung Ltd (PetroChina) turut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan kegiatan yang diselenggarakan di area Kantor Gubernur Jambi, Telanaipura, Jambi.

Sejalan dengan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2017 yakni “Connecting People to Nature”, maka melalui acara ini PetroChina berkesempatan memamerkan dan menunjukkan kepada masyarakat bagaimana kontribusi dan upaya PetroChina terhadap pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Dalam pameran ini, pengunjung dapat melihat bagaimana gambaran umum lokasi PetroChina baik di area onshore maupun offshore melalui tayangan video. Selain itu masyarakat juga dapat mengamati langsung beberapa peralatan pengendali tumpahan minyak, alat pelindung diri yang digunakan pekerja, buku-buku terkait pengelolaan lingkungan hidup, serta pencapaian yang telah diperoleh PetroChina dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup, seperti penghargaan PROPER Biru sejak 2012 hingga saat ini, sertifikasi ISO 14001:2004 sejak tahun 2012, serta penghargaan lainnya seperti sertifikasi OHSAS 18001:2007 sejak tahun 2012 dan sertifikasi SMK3 yang ditandai dengan diperolehnya bendera emas pada 2015.

Dalam acara ini tampak begitu banyak masyarakat umum, baik dari staf pemerintahan, mahasiswa, pelajar yang memadati stan pameran PetroChina.

Evi Frimawaty, PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, menyampaikan pihaknya akan ekspose apa yang telah perusahaan lakukan terhadap kelestarian lingkungan.

"Kita akan pancing perusahaan untuk terus melaksanakannya," ujar Evi.

Pada saat yang sama, ketika mengunjungi stan pameran, M Dianto, staf ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, menyambut baik keikutsertaan PetroChina dalam pameran ini, dan mendorong agar hasil produk binaannya dapat terus dikenal luas masyarakat melalui keikutsertaannya dalam pameran-pameran seperti ini.

Hal menarik lainnya yang menggambarkan kontribusi PetroChina dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup adalah dengan dipamerkannya produk hasil dari masyarakat binaan PetroChina seperti kerajinan tangan hasil limbah non B3 pun turut dipamerkan, seperti kerajinan tas, wadah tissue, wadah minuman yang mana bahan bakunya bersumber dari sampah anorganik seperti koran bekas dan plastik bekas kemasan.

Masyarakat pengunjung juga dapat menikmati seduhan kopi liberika gratis yang disajikan langsung oleh pelaku usaha kopi liberika dari Betara – Tanjung Jabung Timur. Kopi Liberika merupakan kopi khas yang tumbuh di lahan gambut, dan banyak terdapat di daerah Tanjung Jabung Barat, serta telah memperoleh hak paten MPIG (Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis) dari Kemenkumham dengan nama Liberika Tungkal Komposit.

PetroChina melalui beberapa program tanggung jawab sosial, telah melakukan program pengembangan kopi liberika melalui pelatihan, pendampingan dan pemberian alat-alat sarana produksi kepada petani dan pelaku usaha kopi yang ada di Kecamatan Betara – Tanjung Jabung Barat. Tanaman kopi liberika termasuk tanaman konservasi untuk pelestarian hutan dan lingkungan hijau.

"PetroChina akan terus berupaya aktif melakukan program tanggung jawab sosial yang diarahkan kepada pelestarian lingkungan seperti pemanfaatan barang bekas dan pengembangan kopi liberika yang merupakan tanaman konservasi, seperti yang dipamerkan dalam pameran ini dan juga beberapa program lingkungan lainnya seperti pengembangan desa hijau, penyediaan sarana air bersih, biogas dan pupuk organik yang telah dilakukan selama ini," jelas Saipul, Government and Relations Superintendent PetroChina.

Acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini akan diselenggarakan hingga Minggu 23 Juli. Jadi masyarakat masih memiliki kesempatan untuk berkunjung ke stand  PetroChina International Jabung Ltd dan menikmati kopi liberika gratis khas Tanjung Jabung Barat.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments