Senin, 18 Desember 2017

Pertamina Siap Luncurkan Bahan Bakar Baru


Selasa, 01 Agustus 2017 | 11:05:27 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Pertamina EP Jambi akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) varian baru yakni Pertamax Turbo. BBM khusus untuk kendaraan bermesin bensin ini dijadwalkan hadir ke Jambi pada Agustus.

Sales Executive retail Pertamina wilayah Jambi, Raka P mengatakan, varian baru ini merupakan BBM berkualitas luar biasa dibandingkan bahan bakar sebelumnya seperti pertamax biasa, pertalite dan premium.

"BBM ini hasil pengembangan produk Pertamax plus dan memiliki research octane  number  (RON)  minimal 98, serta dilengkapi ignition boost formula (IBF) sekarang masih dalam persiapan, paling cepat Agustus tersedia," jelas Raka.

Pertamax turbo diuji coba dalam ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo European awal Januari 2016 lalu di Sirkuit Italia.  Keberhasilan tersebut diikuti kerjasama antara Pertamina dan Centro Patroli Rhoma (CPR) selaku mitra Lamborghini dalam pendistribusian bahan bakar Pertamax Turbo ke sirkuit di seluruh Eropa.

‘’BBM ini pertama kali dilaunching di luar negeri. Untuk di Indonesia khususnya di Sumatera sudah tersedia di Palembang, Riau, Medan dan beberapa daerah lain, tapi kalau untuk di Jawa sudah banyak,’’ ujarnya.

Hingga kini Pertamax Turbo digunakan dibeberapa ajang balapan yakni di Monza-Italia, Silverstone-Ukraina, Paul Richard-Prancis dan Spa Francorchamps-Belgia.

Dikatakannya, Pertamax Turbo memiliki keunggulan dapat meningkatkan kemudahan kendaraan untuk dikendarai sehingga lincah bermanuver.

Akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin sehingga cocok digunakan bagi kendaraan dengan perbandingan konferensi lebih dari 12.

"Untuk harga, hingga saat ini belum ada kepastian. Tapi kalau melihat daerah tetangga, harga jualnya perliter Rp 9000," katanya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments