Senin, 18 Desember 2017

Waspada... Muntaber Meningkat, Seminggu 10 Anak Dilarikan ke Rumah Sakit


Rabu, 02 Agustus 2017 | 11:33:27 WIB


Pasien muntaber dirawat di RS Kol Abunjani Bangko
Pasien muntaber dirawat di RS Kol Abunjani Bangko / Andi Kurniawan

MERANGIN - Wabah penyakit muntah dan buang air besar (muntaber) mulai mengganas di Kabupaten Merangin. Bahkan dalam beberapa hari ini, tercatat 10 penderita muntaber dirawat di RS Kol Abunjani, Bangko.

Diriketur RS Kol Abunjani Bangko, Birman Saragih melalui, Kasi Pelayanan, Tetriadi mengatakan, penderita yang dirawat sebagian besar anak-anak yang datang dari berbagai daerah di Merangin. "Rata-rata yang muntaber dan mencret, anak yang masih dibawah umur," ujarnya.

Menurutnya, penyakit tersebut disebabkan karena makanan dan minuman tidak higienis. Penyebab lainnya, karena lingkungan yang kotor," ujarnya.

Tetriadi menyebutkan, penyakit muntaber ini mulai meningkat sejak sepekan terakhir. ‘’Untuk perawatan pasien kasus muntaber memerlukan waktu berkisar 3-5 hari, itu tergantung kondisi pasien.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Merangin, Salahudin mengatakan, kasus diare secara grafik belum mengalami peningkatan. Sebab penderita yang mengalami muntaber ini tidak berada di satu lokasi. "Masih belum batas batas maksimum dindo,"katanya.

Namun, secara keseluruhan kata Salahudin, memasuki bulan Agustus dan musim kemarau, penyakit ini memang mengalami peningkatan. "Penyakit ini meningkat pada musim kemarau. Kita sendiri sudah menyiapkan obat-obatan di sejumlah Puskesmas mengantisipasi," ujarnya.

Dinas Kesehatan sendiri sudah melakukan pengecekan ke lapangan. ‘’Memasuki musim kemarau, masyarakat dihimbau agar menjaga makanan dan minuman. Minumlah air yang lebih higenis dan benar-benar sudah matang," katanya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments