Minggu, 22 Oktober 2017

Mantan Penyelenggara dan Petahana Dominasi 15 Besar Hasil Tes Tertulis


Jumat, 11 Agustus 2017 | 20:10:29 WIB


Calon anggota Bawaslu Jambi saat mengikuti tes tertulis beberapa hari lalu
Calon anggota Bawaslu Jambi saat mengikuti tes tertulis beberapa hari lalu / Khusnizar

JAMBI – Seleksi calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi yang digelar di STIKOM Dinamika Bangsa 9 Agustus lalu telah menghasilkan peringkat hasil tes yg menggunakan sistem CAT (Computer Assistance Test). Hasilnya, dari 69 peserta yang ikut seleksi, 15 besar diantaranya masih didominasi wajah-wajah lama dan mantan komisioner KPU kabupaten/kota.

Dari hasil tes berbasis komputer itu, urutan terbaik langsung bisa dilihat dari komputer peserta. Peringkat pertama diduduki Suparmin, komisioner KPU Muarojambi aktif dengan nilai 55,33. Kemudian peringkat kedua adalah petahana Ketua Bawaslu Jambi aktif, Asnawi dengan nilai 54,00.

Dua komisioner aktif lainnya yaitu Ribut Suwarsono dan Fauzan Khairazi di peringkat 3 dan 10 dengan nilai masing-masing 53,33 dan 46,67. Adspun mantan Komisioner KPU Tebo Gaman Sakti berada diperingkat 5 dengan perolehan nilai 48,00.

Sementara itu dari 10 peserta perempuan, hanya satu yg berhasil masuk di 15 besar yaitu mantan Ketua KPU Kota Jambi Ratna Dewi dengan nilai 46,00.

Diketahui, seleksi calon anggota Bawaslu Jambi mulai digelar di STIKOM Dinamika Bangsa, Rabu (9/8) pagi. Puluhan peserta mengikuti tes berbasis Computer Asissted Test (CAT).

Selain Tim Seleksi (Timsel) Calon Bawaslu Jambi dan jajaran sekretariat, tes diawasi langsung Tim Assisment dari Perwakilan Bawaslu RI.

Ketua Tim Seleksi Calon Bawaslu Provinsi Jambi, Anshorullah mengatakan sesuai tahapan 12 besar akan diumumkan pada Senin (14/8). "Hari Senin nanti kita usahakan sudah diumumkan 12 besar itu. Kita umumkan di media massa maupun elektronik," katanya saat dihubungi tengah berada di luar kota.

Ia menjelaskan, jika tes Tahap Pertama yang terdiri dari tes tertulis (CAT), tes kesehatan dan psikologi, bobotnya berbeda-beda.

"Adapun bobot penilaiannya paling besar di tes tertulis atau CAT ini. "Bobotnya 70 persen dari seluruh tes," katanya.

Sementara sisanya nanti direkap dari tes psikologi 1 dan kesehatan 1 serta ada curicullum vitae. Termasuk pengalaman kepemiluan selama ini. "Jadi nanti tes tertulis bobot 70 persen. 30 persen lain dari psikolog, kesehatan dan curiculum vitae. Nanti ini direkap," ujarnya.

Pelaksanaan CAT ini baru pertama dilaksanakan dalam seleksi Bawaslu Jambi. Tes ini dilakukan untuk menjamin transparansi, kejujuran keadilan bagi seluruh peserta.


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments