Minggu, 22 Oktober 2017

Pergantian Pejabat Dikritisi Dewan

Nasir: Pergantian Pejabat Harus Lihat Kebutuhan

Jumat, 11 Agustus 2017 | 21:49:35 WIB


Ketua DPRD Kota Jambi, Muhammad Nasir
Ketua DPRD Kota Jambi, Muhammad Nasir / dok/metrojambi.com

JAMBI- Pelantikan sejumlah pejabat yang dilakukan oleh Walikota Jambi beberapa waktu lalu mendapat kritikan dari DPRD Kota Jambi.
Menurut Ketua DPRD Kota Jambi, Muhammad Nasir  seharusnya pergantian jabatan di lingkungan pemerintah Kota Jambi melihat kebutuhan, meskipun hal itu merupakan hak prerogratif sang walikota.

“Saya berharap kebutuhan itu juga harus melihat hal - hal yang strategis. Diantaranya jabatan yang dipangku oleh orang yang sangat kompeten dalam menjalan tugas, sebagai contoh saya agak kurang sepakat walikota melakukan reshuffle satu kabag di Sekretariat Dewan (Sekwan),, yaitu Kabag Anggaran," ujarnya.

Menurutnya, hal itu bukan perkara senang atau tidak senang dalam penempatan sosok penggantinya. Namun, melihat situasi dan kondisi saat ini dewan sedang membahas anggaran perubahan.

“Kabag anggaran itu adalah pendamping Banggar dalam rapat-rapat pembahasan anggaran itu sendiri,” ujarnya.  Jika dalam melaksanakan tugas langsung dicopot, kata Nasir hal itu tentu mengganggu kinerja dewan.

“Saya yakini kerja eksekutif juga akan terganggu. Karena ini berkaitan dengan anggaran,” tukasnya. Ia berharap kepada walikota, agar hal-hal seperti itu harus di kumikasikan dengan dewan. Hal itu agar tidak menimbulkan efek negatif di kemudian hari. Sementara adanya isu reshuffle untuk jenjang eselon II yang akan dilakukan oleh walikota dalam waktu dekat ini, Nasir mengatakan harus melihat kebutuhan bukan kepentingan.

“Kalau kepentingan rusaklah sistem pemerintahan ini,” ujarnya.

Menurutnya, sebentar lagi walikota akan bertarung di Pilkada 2018. Untuk itu dewan juga menyiapkan anggaran untuk kontestasi politik itu sendiri.

“Untuk itu hal - hal yang sifatnya strategis tolong difikirkan secara benar, jangan di lihat dari kepentingan saja, yakinlah kalau Tuhan berkehendak kita berbuat baik saja pasti bisa,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments