Senin, 20 November 2017

Buka Seminar Al-Qur'an, Bupati Tanjabtim Ajak Generasi Muda Makmurkan Masjid


Kamis, 10 Agustus 2017 | 10:58:47 WIB


Seminar Al-Qur'an dalam rangkaian kegiatan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Jambi
Seminar Al-Qur'an dalam rangkaian kegiatan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Jambi / Nanang Suratno

MUARASABAK - Seminar Al-qur'an dalam rangkaian kegiatan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Jambi, resmi dibukan Bupati Tanjabtim, H Romi Hariyanto, Rabu pagi (9/8).    

Dalam sambutannya Romi menjelaskan, tujuan dari seminar Al-qur'an ini adalah untuk menambah wawasan dengan harapan penerima informasi memperolah sesuatu yang baru untuk ditumbuh kembangkan menjadi sesuatu yang lebih luas lagi kepada yang lainnya.

Selain itu, dapat menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-qur'an, sehingga benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi dewasa.

"Terutama bagi anak-anak dan generasi muda. Karena generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa. Kita sebagai orang tua harus mampu memberikan pendidikan budi pekerti dan akhlak serta pendidikan agama, sehingga mereka tumbuh sebagai generasi tangguh dan teguh imannya," ujar Romi.

Untuk mencipatkan generasi muda yang baik dan unggul, bupati berharap adanya panggilan moral dari orang tua, guru, ustadz, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Mari bersama-sama memotivasi anak-anak dan generasi muda untuk belajar Al-qur'an serta memakmurkan masjid dan mushola dengan berbagai aktivitas keagamaan," harapnya.

Ditegaskannya, perjuangan itu memang cukup berat, karena setiap saat anak-anak dan pemuda telah banyak dirayu serta dipengaruhi tayangan TV dan internet dengan berbagai acara dan program.

"Justru disinilah letak kejelian dan kearifan kita semua untuk mengatur keseimbangan waktu bagi anak-anak untuk diarahkan kepada nilai-nilai moral dan budi pekerti. Termasuk memupuk kebiasaan mereka gemar membaca dan belajar Al-qur'an," tukasnya.

Asisten Administrasi Umum, Umar Mahmud yang juga menjabat sebagai ketua panitia seminar Al-qur'an memaparkan, jumlah peserta yang diundang sebanyak 211 orang.

Di seminar ini, panitia menghadirkan narasumber Dr Bahrul Ulum MA, selaku dosen IAIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi dan HM Syukron Maksum, pimpinan pondok pesantren Al-Islah Kuala Jambi.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments