Jumat, 15 Desember 2017

Di Merangin Baru 26 Desa Miliki BUMDes


Sabtu, 12 Agustus 2017 | 10:22:13 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MERANGIN - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kabupaten Merangin saat ini sudah berdiri di 26. Artinya masih 179 desa dari 205 desa di Kabupaten Merangin belum memiliki Bumdes.

Kabid Bapermasdes BPMPD Merangin, Duito Pebrizal mengatakan, pendirian BUMDes di Merangin terbilang cukup lamban. Sebab, jelang akhir 2017 ini, BUMDes belum bisa didirikan di semua desa.

Akibatnya, target yang ditetapkan sampai akhir tahun ini kemungkinan tidak bisa terealisasikan. Untuk itu, pihaknya akan mengupayakan bisa merealisasikan sampai dengan tahun mendatang.

"Tidak mungkin sampai akhir tahun bisa terealisasi, nanti diupayakan pada 2018 mendatang, BUMDes bisa terbentuk di seluruh desa di Merangin,” ujarnya, Jumat (11/8).

Menurutnya, ada beberapa usaha yang bias dikembangkan BUMDes mulai dari PLTMH, Bumdes Simpan Pinjam, Pasar Desa, Saprodi dan Usaha Jasa. "Usaha pembayaran listrik dan lainnya juga bisa dijadikan BUMDes, asal desa mau membuatnya saja," katanya.

Dikatakannya, kendala belum terbentuknya BUMDes disemua desa, adalah akibat kurangnya perhatian dan kepedulian kepala desa. "Kita sering sosialisasi, kita akan terus dorong. Sebab, BUMDes yang ada saat ini sangat membantu PAD dan membantu perkembangan desa itu sendiri,” katanya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments