Selasa, 17 Oktober 2017

Tips Usir Jerawat dan Keriput Sekaligus


Selasa, 15 Agustus 2017 | 14:28:28 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

ADA beberapa alasan mengapa wanita berusia 30 tahunan lebih memiliki jerawat.

Dokter kulit Annie Chiu mengatakan, hal yang paling umum memicu jerawat adalah stres, polusi, makanan tinggi gula dan perubahan tingkat hormon akibat KB, melahirkan anak atau menopause.

Beruntung, Anda masih dapat mengatasi jerawat serta keriput secara bersamaan dengan beberapa cara seperti berikut.

1. Mulailah dengan pembersih yang tepat

Kebanyakan pembersih memiliki kandungan yang keras untuk kulit orang dewasa. Pilih pembersih yang lembut sehingga ini tidak akan melucuti kulit Anda dari minyak pelindung alami. Kulit yang menjadi kering dapat memperburuk jaringan parut dan juga memperparah tanda penuaan.

2. Cari bahan yang memiliki manfaat lebih dari satu
Krim yang mengandung retinoid bisa membantu membersihkan jerawat dewasa sekaligus mengobati keriput. Retinoid juga memiliki kemampuan mengelupas, mengecilkan pori-pori,meningkatkan produksi kolagen dan mengatur perputaran sel. Namun, hindari memakai ini terlalu banyak karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Jangan berlebihan

Menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit bisa berisiko. Jangan gunakan retinoid dan exfoliant fisik atau seperti scrub bersamaan karena dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat lebih buruk. Begitupun dengan menggunakan krim dan pelembap, jangan memilih yang terlalu berat. Beberapa produk anti penuaan bisa terlalu berat untuk orang yang berjerawat.

4. Perhatikan makanan Anda

Makanan sehat tidak hanya bermanfaat untuk beberapa bagian tubuh Anda. Kulit bisa sangat terpengaruh oleh makanan yang Anda konsumsi. Kulit mendapatkan nutrisi dari makanan yang sehat sedangkan apa yang Anda makan dapat mempengaruhi peradangan.

Seperti diketahui, peradangan dapat menyebabkan jerawat dan telah dikaitkan dengan penuaan. Hindari gula dan alkohol agar kulit tampah bersih dan muda. Perbanyak asupan yang kaya asam lemak antioksidan, seng dan omega-3.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: wartasehat

TAGS:


comments