Jumat, 15 Desember 2017

Ulu Hati Nyeri dan Pandangan Buram, Gejala Apa?


Rabu, 23 Agustus 2017 | 13:34:14 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

NYERI di bagian ulu hati merupakan masalah yang cukup terjadi pada masyarakat dan paling sering disebabkan oleh sakit maag atau sakit pada lambung. Pada dasarnya sakit maag sendiri memiliki beberapa jenis seperti penyakit asam lambung dan tukak lambung.

Meski gejalanya cenderung berbeda pada setiap jenis sakit maag, akan tetapi prinsip penanganannya mirip. Pada masalah yang Anda alami dimana terjadi masalah yang semakin parah pada malam hari bisa disebabkan oleh tukak lambung, dengan gejala-gejala sebagai berikut: Pusing, mual, tidak nafsu makan.

Keluhan lain yang biasanya dirasakan adalah rasa nyeri yang menyebar ke leher, pusar, hingga punggung. Keluhan ini cenderung muncul pada malam hari.

Selain itu keluhan juga biasanya terasa makin parah saat perut kosong. Bila ini yang Anda alami dapat diredakan untuk sementara dengan mengonsumsi obat penurun asam lambung. Gejala tersebut juga umumnya hilang dan kambuh beberapa hari kemudian.

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, sebaiknya konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam ahli pencernaan. Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan jika memang diperlukan seperti endoskopi.

Berikut beberapa penanganan pada tukak lambung:
1. Antibiotik jika diperlukan
2. Konsumsi obat lambung
3. Tidak meminum minuman keras dan tidak merokok
4. Mengurangi konsumsi teh dan kopi
5. Konsumsi produk berbahan dasar susu seperti keju
6. Jangan mengonsumsi makanan pedas dan berlemak
7. Makan porsi kecil tapi sering
8. Capai berat badan ideal

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Oleh dr. Ayu Andrian Putri


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: http://www.meetdoctor.com

TAGS:


comments