Sabtu, 21 Oktober 2017

Jenna, Boneka 'Barbie' yang Bisa Ngaji


Kamis, 07 September 2017 | 14:07:33 WIB


/

SEKILAS boneka ini mirip Barbie. Namun, Jenna bukan boneka biasa karena dia pandai membacakan ayat-ayat Alquran. Jenna, merupakan nama yang berasal dari bahasa Arab 'Jannah' yang berarti surga.

Boneka Jenna ini pun didesain berwajah cantik, mengenakan jubah "abaya" panjang dengan jilbab ungu yang serasi. Jenna dirancang mampu membaca ayat-ayat Alquran pendek yang mudah diingat anak-anak.

Adalah wanita pengusaha Prancis yang juga seorang ibu bernama Samira Amarir yang memiliki ide untuk menciptakan boneka ini. Awalnya dia berjuang untuk menemukan mainan yang bisa membantu menanamkan keyakinan Islamnya kepada anak perempuannya, jadi dia menciptakannya sendiri. Sekarang boneka Jenna yang mirip Barbie, yang ia rancang dari nol untuk membaca empat bab dari Alquran, telah memasuki produksi massal dan mulai dijual di negara-negara Teluk Arab.

"Ketika anak perempuan saya, Jenna, berusia dua tahun, saya sedang mencari mainan atau alat," kata Amarir dilansir laman viva.co.id.

"Idenya adalah untuk menghasilkan mainan yang memungkinkannya belajar Alquran dengan cepat dan mudah sambil bermain."

Boneka Jenna pun dirancang menggunakan perangkat lunak pemodelan online. Amarir memutuskan untuk memberikan warna kulit gelap dan sedikit riasan. "Bagi saya, penting bahwa boneka itu akan menunjukkan sesuatu yang bisa dikenali anak saya, atau setidaknya, mengenal ibunya," katanya.

Keempat bab yang dibaca Jenna pendek dan dirancang agar mudah diingat anak. Dalam beberapa hari sejak awal bermain dengan boneka itu, dia mulai membaca ayat-ayatnya.

Amarir dan keluarga telah pindah dari rumah mereka ke Prancis ke Uni Emirat Arab untuk memasarkan boneka tersebut di Teluk yang memiliki masyarakat sangat religius. Setelah empat tahun dan banyak penerbangan ke pabrik-pabrik China untuk mendapatkan boneka yang diproduksi, dia meluncurkan Jenna awal tahun ini di Arab Saudi, Kuwait, Bahrain dan Uni Emirat Arab.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments