Minggu, 27 Mei 2018


Walikota : Doa Bersama Bentuk Penolakan Kekerasan

Jumat Berjamaah dan Doa Bersama di Balaikota

Sabtu, 09 September 2017 | 11:53:41 WIB


Walikota Jambi Sy Fasha dalam kegiatan Jumat berjamaah dan doa bersama untuk muslim Rohingya di Balaikota Jambi
Walikota Jambi Sy Fasha dalam kegiatan Jumat berjamaah dan doa bersama untuk muslim Rohingya di Balaikota Jambi / Amril Hidayat

JAMBI- Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi terhadap penderitaan umat muslim Rohingya yang mengalami kekerasan di Myanmar, kemarin (8/9) Pemkot Jambi mengadakan shalat Jum'at berjamaah sekaligus doa bersama.

Meskipun sempat turun hujan, namun tak menyurukan niat ratusan warga yang hadir. Sehingga shalat Jum’at dan doa bersama tetap berjalan lancar.

Dari pantauan dilapangan, jamaah yang hadir terlihat sangat khusyuk berdoa dan terpancar wajah kesedihan ketika doa dibacakan.
Sehingga suasana haru begitu terasa, apalagi dibawah curahan hujan.

Dalam kegiatan tersebut, juga dikumpulkan donasi dari warga untuk masyarakat Rohingya.Disampaikan, Walikota Jambi SY Fasha bahwa shalat Jumat berjamaah beserta doa untuk masyarakat rohingya digelar untuk mendoakan dan menolak kekerasan terhadap masyarakat rohingya.

“Ini juga sebagai salah satu sikap menolak kekerasan dan krisis kemanusiaan yang ada di Rohingya. Kita melaksanakan dan memfasilitasi sholat Jumat berjamaah sekaligus mendoakan saudara kita etnis Rohingya yang berada di Myanmar,” kata Fasha.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai ormas seperti FPI, KAHMI, HMI, NU, Muhammadiyah hingga umat Buddha Kota Jambi.  “Kita berharap dengan doa ini bisa meringankan beban saudara kita yang berada di Rohingya,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga  mengumpulkan donasi dari berbagai elemen masyarakat baik Ormas, Pemkot hingga umat Buddha Kota Jambi.
Dari donasi, terkumpul hingga ratusan juta rupiah. Diantaranya dari FPI yang menggalang dana sebesar Rp 96 juta, Pemkot Jambi sebesar Rp 5 juta, KAHMI sebesar Rp 5 juga, MUI sebsar Rp 5 juta. Baznas sebesar Rp 5 juta, SMPN 19 Kota Jambi sebesar Rp 3 juta dan Umat Buddha Kota Jambi sebesar Rp 50 juta.

“Angka ini belum termasuk donasi yang kita kumpulkan hari ini setelah salat jumat. Nantinya donasi ini akan kita salurkan kepada pihak yang memiliki link untuk menyampaikan bantuan ini langsung ke masyarakat Rohingya,”ujar Fasha.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments