Senin, 18 Desember 2017

Hana, Robot Imut Detektor Bau Busuk


Senin, 11 September 2017 | 11:00:11 WIB


Robot anjing bernama Hana.
Robot anjing bernama Hana. / [YouTube]

JEPANG- Perusahaan robotik Next Technology menciptakan sebuah robot berbentuk anjing. Robot kecil yang lucu ini diciptakan sebagai detektor bau kaki manusia.

Robot anjing tersebut diberi nama "Hana" yang berarti "hidung" dalam bahasa Jepang. Hana juga merupakan nama umum bagi anak perempuan di Jepang.

Berukuran sekitar 15 cm, Hana dilengkapi dengan sensor pendeteksi bau. Secara otomatis Hana akan menyalak jika mendeteksi bau busuk.

Uniknya, Hana akan pingsan saat mencium bau yang sangat busuk.

Hana juga dilengkapi dengan semprotan penyegar udara yang langsung dapat aktif jika dirinya mencium bau kaki yang sangat busuk.

Robot Hana dilepas ke pasaran dengan harga 100 ribu yen atau setara Rp12,2 juta.

Dijelaskan oleh seorang karyawan Next Technology, Kimiki Tsuhi, Hana diciptakan atas permintaan seseorang kepada perusahaan.

"Seorang pelanggan mengeluhkan kakinya yang sangat bau hingga mengganggu keluarganya. Karena itulah kami mengembangkan robot imut ini," jelasnya, dikutip dari suara.com.

Tsuji menyebutkan, kekhawatiran akan bau badan di Jepang telah meningkat secara signifikan sehingga memiliki bau badan yang benar-benar busuk dapat dianggap sebagai bentuk pelecehan.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: suara.com

TAGS:


comments