Sabtu, 21 Oktober 2017

Puskesmas Diminta Tingkatkan Penyuluhan PHBS


Selasa, 12 September 2017 | 11:22:06 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

SAROLANGUN - Saat ini wilayah Kabupaten Sarolangun memasuki peralihan musim dari kemarum ke musim penghujan. Perubahan cuaca tersebut biasanya membuat masyarakat akan rentan terhadap penyakit.

Dinas Kesehatan Sarolangun meminta jajarannya untuk meningkatkan sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah masyarakat,
baik di lingkungan rumah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

“Ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai, seperti ispa, diare, malaria dan demam. Untuk mengantisipasi hal tersebut salah satunya adalah dengan membudayakan hidup bersih. Makanya seluruh puskesmas dan bides kita insturuksikan untuk lebih giat sosialisasi,” ujar H Adnan SE M Kes Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun, Senin (11/9).

Di samping itu, masyarakat juga harus mengurangi kegiatan di luar rumah. Sebab kondisi cuaca yang tidak menentu tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak. ”Kalau kurang penting lebih baik istirahat saja di rumah,” jelasnya.

Soal stok obat-obatan, Adnan memastikan tidak ada masalah, baik ditingkat Bides, Puskesmas pembantu, Puskemas maupun di Kantor Dinas Kesehatan sendiri.

“Alhamdulillah stok obat aman, kalau Bides kehabisan obat silakan minta di Puskesmas, begitupun Puskesmas, kalau kehabisan stok kami siap mengirim obat,” katanya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments