Senin, 20 November 2017

Praperadilan Dikabulkan, Setya Novanto Tak Lagi Tersangka KPK


Jumat, 29 September 2017 | 18:55:01 WIB


Setya Novanto
Setya Novanto / istimewa

JAKARTA - Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Cepi Iskandar, mengabilkan gugatan gugatan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto. Dengan demikian, pria yang akrab dipanggil Setnov otu kini tidak lagi berstatus sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian," kata Cepi Iskandar, saat membacakan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (29/9).

Dalam amar putusannya hakim menilai penetapan Setnov sebagai tersangka oleh KPK tidak sesuai prosedur. Berdasarkan hal tersebut, hakim memutuskan bahwa penetapan tersangka terhadap Novanto tidak sah.

Dalam gugatannya, Novanto mencantumkan 6 poin permohonan (petitum). Salah satunya adalah meminta agar pengadilan menyatakan penetapan tersangka KPK terhadap dirinya adalah tidak sah. Selain itu, Novanto juga meminta pengadilan agar KPK menghentikan penyidikan terhadap dirinya.

Sebelumnya, ketua umum Partai Golkar itu mengajukan gugatan praperadilan pada Senin (4/9) lalu, dan teregister dalam Nomor 97/Pid.Prap/2017/PN Jak.Sel. Setnov sendiri ditapkan sebagai tersangka sebagai tersangka di kasus korupsi e-KTP sejak 17 Juli 2017.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments