Jumat, 15 Desember 2017

Siswa SDN 1 Sabet Emas di Kejurda Catur


Kamis, 05 Oktober 2017 | 10:32:38 WIB


Foto bersama siswa peraih emas Kejurda Catur
Foto bersama siswa peraih emas Kejurda Catur / Jainal Abidin

JAMBI - Memiliki darah dari orangtua dan kakak yang mahir dalam permainan catur, mengantar Joanda Al Farobby, siswa Kelas V SDN 01 Kota Jambi, berhasil menyabet emas pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) catur beberapa waktu lalu.

Lida, orangtua Joanda mengatakan, bakat catur yang dimiliki anaknya, mengalir dari ayahnya yang suka dengan   olahraga catur. "Karena ayahnya suka, dengan sendirinya anak-anak juga senang main catur," ujarnya Rabu (5/10).

Dikatakan Linda, Joand sapaan akrab anaknya ini juga memiliki bakat yang terus dikembangkan, sehingga setiap hari dilatih dalam strategi permainannya. "Kita ajak ke pangkalan ojek, POS do persimpangan untuk melatih kemampuan anak," katanya.

Sejauh ini sebagai orangtua, pihaknya mendukung bakat yang dimiliki Joanda dan kakaknya, dengan memberikan suport dan motivasi. "Agar bakat yang dimiliki bisa terus dikembangkan," ungkapnya.

Terpisah, Guru Olahraga SDN 01, Taufik menyebutkan, kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir Kejurda tingkat provinsi. Menurutnya, Kejurda beberapa waktu lalu memiliki kategori nomor usia 11 tahun. Di kategori ini SDN 01 mengutus tiga siswanya.

"Dari tiga anak yang kita kirim, 2 orang dapat, 1 medali emas yang diraih Joanda dan 1 lagi medali perunggu atas nama Said Fajar Akbar," jelasnya.

Taufik menyebutkan, untuk persiapan, sejak jauh-jauh hari sekolah sudah mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba. "Kalau di sekolah, kita latihan 2 kali seminggu, namun anak-anak juga berlatih di luar," katanya.

Untuk diketahui, saat ini SDN 01 tengah mempersiapkan diri untuk ikut tiga even catur tingkat nasional, yakni kejuaraan nasional di Medan, pertandingan catur skala nasional di Batam dan Tebing Sumatra Utara.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments