Jumat, 15 Desember 2017

Soal Apotik, Kadinkes: Cuma Satu yang Izinnya Habis


Senin, 09 Oktober 2017 | 14:51:45 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

TEBO - Adanya tudingan dari pihak Polres Tebo terkait banyaknya izin apotik yang sudah mati, langsung direspon Ridwan, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes).

Dijelaskannya, dari 16 apotik yang ada di Tebo, hanya 1 apotik yang saat ini izinya masih dalam pengurusan, yakni apotik Anda di Simpang Tugu, Kecamatan Tebo Tengah.

"dari 16 apotik yang ada, 15 izinnya masih berlaku. Hanya 1 yang mati, dan sekarang dalam kepengurusan untuk diperpanjang, "ujar Ridwan, Senin (9/10).

Seperti diberitakan sebelumnya, Surat Izin Praktek Apoteker (SIPA) Apotik yang ada di wilayah Tebo banyak yang sudah mati.

Hal ini terungkap saat Sat Narkoba Polres Tebo melakukan pengecekan ke setiap apotik yang ada diwilayah hukum Kabupaten Tebo, Kamis (5/10).

"Kami menemukan beberapa apotik dan toko obat yang Surat Izin Praktek Apoteker (SIPA) nya sudah mati," ungkap Kanit Opsnal Sat Narkoba Polres Tebo Bripka Yulfitriadi yang memimpin pengecekan tersebut.

Dijelaskannya, pengecekan Apotik ini dalam rangka memberantas narkoba dan obat-obatan lainnya yang membahayakan dan sering disalahgunakan.

Dari pengecekan tersebut, timnya tidak menemukan obat-obatan yang berbahaya seperti PCC dan Tramadol ataupun pil-pil berbahaya lainnya yang dijual bebas di apotik.

"Tidak ada menemukan obat-obatan seperti PCC, Tramadol dan obat-obatan lainnya yang berbahaya. Hanya beberapa apotik saja SIPAnya sudah mati, "ungkapnya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments