Senin, 20 November 2017

Didampingi Gubernur Jambi, Menteri PU-Pera Tinjau Pembangunan Bronjong Danau Sipin


Senin, 09 Oktober 2017 | 22:05:37 WIB


Gubernur Jambi Zumi Zola saat mendampingi Menteri PU-Pera Basoeki Hadimoeljono menunjau pembangunan bronjong di kawasan Danau Sipin, Kota Jambi, Senin (9/10)
Gubernur Jambi Zumi Zola saat mendampingi Menteri PU-Pera Basoeki Hadimoeljono menunjau pembangunan bronjong di kawasan Danau Sipin, Kota Jambi, Senin (9/10) / Humas Pemprov Jambi

JAMBI – Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jambi dalam rangka menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se Sumatera, Senin (9/10), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basoeki Hadimoeljono bersama seluruh Direktur Jenderal (Dirjen) di Kementerian PU-Pera, meninjau pembangunan bronjong di kawasan Danau Sipin, serta lokasi pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) PDAM Tirta Mayang Kota Jambi.

Dalam peninjauan tersebut, Menteri Basoeki didampingi langsung oleh Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli dan Plt Kepala Dinas PU-Pera Provinsi Jambi Arfan. Peninjauan sendiri dilakukan Basoeki untuk melihat sejauh mana progress pembangunan bronjong di kawasan Danau Sipin, serta membicarakan apa saja yang kemudian akan dibangun demi terciptanya RTH di kawasan Danau Sipin, termasuk memaksimalkan fungsi dari Danau Sipin itu sendiri.

Basoeki menyampaikan, banyak wilayah di Indonesia membuat bendungan atau waduk sebagai tempat menampung air. Provinsi Jambi, khususnya untuk wilayah Kota Jambi, tidak perlu lagi membuat bendungan atau waduk, karena sudah ada Danau Sipin yang bisa digunakan sebagai tempat menampung air yang telah disediakan secara alami.
 
“Danau Sipin ini harus kita pelihara dengan semaksimal mungkin, di mulai dengan menjaga pinggiran danau agar tidak terjadi erosi melalui pembuatan bronjong di sepanjang Danau Sipin ini. Saya dan Bapak Gubernur Jambi kedepannya akan mengatur kawasan Danau Sipin, misalnya harus ada batasan keramba yang diperbolehkan di Danau Sipin ini, kalau tidak akan berakibat menurunnya kualitas air di Danau Sipin ini,” terang Basoeki.

Dikatakannya lagi, air yang ada di Danau Sipin merupakan air baku untuk masyarakat Jambi yang harus dijaga bersama. Jangan sampai keramba yang milik pribadi merusak kualitas air yang dipergunakan untuk masyarakat Jambi. Dikatakan Basoeki, kepentingan masyarakat Jambi harus lebih diutamakan dari pada kepentingan individual.
 
“Danau Sipin ini, selain untuk tempat menampung air bagi masyarakat Jambi, juga bisa digunakan sebagai tempat rekreasi yang sangat bagus sekali bagi masyarakat Jambi. Danau Sipin ini, jika dimaksimalkan dengan baik juga bisa digunakan untuk olahraga air, wisata air yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi, khususnya masyarakat kawasan Danau Sipin ini,” beber Basoeki.

Lebih lanjut Basoeki mengatakan, kawasan Jaka Baring di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan bisa dibangun dengan baik. Ia pun berharap kawasan Danau Sipin juga bisa dibangun lebih baik lagi. “Tentunya dengan dukungan semua pihak yang terkait, serta sinergi antara pemerintah pusat, Provinsi Jambi, dan Kota Jambi,” pungkasnya.


Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments