Sabtu, 21 Oktober 2017

SMP KGS Kenalkan Jambi ke Luar Negeri Lewat Tarian dan Kebudayaan


Rabu, 11 Oktober 2017 | 11:39:31 WIB


Siswa Kanaan Global School saat bertemu dengan Walikota Jambi, Sy Fasha
Siswa Kanaan Global School saat bertemu dengan Walikota Jambi, Sy Fasha / Jainal Abidin

JAMBI - Sebanyak 12 siswa SMP Kanaan Global School (KGS) Jambi mengikuti pertukaran kebudayaan ke luar negeri, di Yeoju High School, Korea Selatan. Siswa KGS ini pergi ke Korea Selatan dengan membawa tarian, sebagai salah satu kebudayaan Jambi.

Wakil Direktur KGS Jambi, Yustanti Limardi mengatakan, kegiatan pertukaran kebudayaan ini merupakan agenda rutin sekolah setiap tahunnya. "Setahun minimal 2 kali, pertengahan Oktober dan Maret," ujarnya, Selasa (10/10).

Menurutnya, sebelum melakukan pertukaran pelajar, sekolah yang berada di kawasan Kebun Handil, Jelutung ini, sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan negara yang dituju.

Dikatakannya, pihak KGS sudah mengunjungi Yeoju High School di Korea selata sekaligus untuk menandatangani perjanjian jerjasama dalam hal pertukaran budaya dan kegiatan pendidikan.

"Beberapa tarian Jambi yang dibawa ke Korea Selatan diantaranya tari dengan kompangan, tarian sayap burung Kuwau khas Jambi dan tari kipas," katanya.

Sebelum memberangkatkan siswanya, pihak sekolah telah melakukan beberapa persiapan sejak beberapa bulan lalu, baik persiapan tarian, maupun kebudayaan. "Siswa kita berlatih sekitar 2 bulan," katanya.

Selain menampilkan kebudayaan Jambi, siswa yang berangkat juga akan mempelajari kebudayaan Korea. "Pulang ke Indonesia, mereka akan membawa ilmu dan pengalaman baru," ungkap Yustanti.

Untuk diketahui, selain ke Korea Selatan, KGS Jambi juga sebelunnya melakukan pertukaran kebudayaan di Udomsuksa Thailand, dan Lyceum of the Philippines University Filipina.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments