Senin, 18 Desember 2017

Ketua RT Diharapkan Berperan Tangkal Radikalisme


Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:18:47 WIB


Kegiatan diskusi dan dialog yang digelar FDJ belum lama ini
Kegiatan diskusi dan dialog yang digelar FDJ belum lama ini / istimewa

JAMBI – Forum Diskusi Jambi (FDJ) belum lama ini menggelar diskusi dan dialog dengan tema "Membangun deteksi dini dalam mengantisipasi terorisme di Jambi". kegiatan ini diikuti puluhan peserta yang berasal dari forum RT, ketua RT, dan perwakilan RT dari Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi.

Guru besar Fakultas Hukum Universitas Jambi Prof. H. Rozali Abdullah yang hadir sebagai narasumber dalam pemaparannya mengatakan, semua pihak harus berperan dalam menangkal berkembangnya paham radikalisme di Provinsi Jambi, tidak terkecuali ketua RT. Apalagi ketua RT memiliki posisi yang sangat strategis di tengah masyarakat.

“Sebagai orang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, ketua RT harus ikut berperan menangkal berkembangnya paham radikalisme, khususnya di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” ujar Rozali.

Hal senada juga disampaikan narasumber Prof. Dr. Elita Rahmi, SH, M.Hum. Keberadaanya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, menjadikan ketua RT sebagai ujung tombak dalam menangkal berkembangnya paham radikalisme di tengah masyarakat.

“Ketua RT harus bisa mendeteksi setiap warganya, serta tamu-tamu yang datang ke wilayahnya. Ia juga harus bisa menggerakkan warganya untuk bisa menjaga toleransi, serta hidup rukun dan damai,” kata Elita.

Narasumber lainnya, H Hermanto Harun, LC, M.HI, Ph.D dalam pemaparannya mengatakan, Islam sangat menentang berkembangnya paham radikal, apalagi yang sampai menghilangkan hanya orang lain. Salah satu upaya untuk menangkal radikalisme, kata Hermanto, adalah dengan menjadikan perbedaan menjadi perdebatan.

“Menjadi tugas kita bersama untuk melawan dan mencegah paham radikalisme, yang dapat memecah belah persatuaan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Pamaparan para narasumber mendapat berbagai tanggapan dari para peserta. Namun pada intinya mereka sepakat untuk menolak berkembangnya paham radikalisme di Provinsi Jambi.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments