Sabtu, 21 Oktober 2017

Masnah: Program TMMD Bantu Pemerintah Hemat Anggaran


Kamis, 12 Oktober 2017 | 20:49:10 WIB


Bupati Muarojambi Masnah Busro saat menerima kunjungan Tim Wasev Program TMMD tahun 2017
Bupati Muarojambi Masnah Busro saat menerima kunjungan Tim Wasev Program TMMD tahun 2017 / Sudir Putra

SENGETI - Bupati Muarojambi Masnah Busyro, Kamis (12/10) pagi, menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0415 Batanghari tahun 2017. Tim Wasev yang datang ke Muarojambi diketahui oleh Brigjen Muslimin Akib, SE, MA.

Kunjungan Tim Wasev ini adalah dalam rangka untuk melakukan pengawasan dan evaluasi dengan melihat langsung pelaksanaan TMMD ke 100 tahun 2017 yang sedang berlangsung di seluruh Indonesia. Termasuk di dua lokasi di Kabupten Muarojambi, yakni Desa Bukit Baling dan Kelurahan Sengeti.

Saat dikonfirmasi, Masnah mengatakan mengatakan program TMMD tersebut sangat membantu pemerintah daerah dalam hal pembangunan. Bahkan Masnah menyebut dengan adanya program TMMD tersebut pemerintah daerah bisa menghemat anggaran.

“Program ini sangat membantu sekali. Berkat adanya program TMMD ini, kami dapat menghemad lebih banyak anggaran, khususnya dalam pembukaan akses jalan baru untuk masyarakat di wilayah pelaksanaan program,” ujar Masnah.

Lewat program TMMD, lanjut Masnah, saat ini telah dibuka akses jalan baru bagi masyarakat Desa Bukit Baling menuju Sengeti sepanjang 11 km. Menurut Masnah, jika jalan itu dikerjakan oleh pemerintah daerah, dapat menelah biaya miliaran rupiah. “Namun karena adanya program ini, pemerintah daerah bisa menghemat anggaran hingga Rp 3 miliar,” bebernya.

Selain itu, Masnah Muarojambi juga menyebut pembukaan akses jalan itu sangat membantu masyarakat setempat. “Masyarakat di wilayah sana (Bikit Baling, red) kan mayoritas petani karet dan sawit. Dengan adanya pembukaan jalan baru tersebut masyarakat dapat lebih mudah mengeluarkan hasil pertaniaannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Brigjen Muslimin Akib menyebutkan, kedatangannya ke Muarojambi adalah dalam rangka mengadakan pengawasan dan evaluasi dengan melihat langsung pelaksanaan TMMD Ke 100 yang saat ini tengah berjalan.

“Maksud dan tujuannya adalah untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD. Mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran kegiatan. Dengan harapan pelaksanaan berjalan optimal dalam rangka pencapaian target dan tujuan secara efektif dan efesien,” terangnya.

Ditambahkan Muslimin, pelaksanaan TMMD ini harapanya dapat membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik dan non fisik. “Satu diantaranya program pembuatan jalan baru untuk mempermudah masyarakat setempat untuk melakukan kegiatan perekonomian,” tandasnya.

Turut hadir mendampingi Tim Wasev TMMD dalam pertemuan dengan Bupati Muarojambi, Danrem 042 Garuda Putih dan Damdim 0415 Batanghari. Selain itu, unsur forkopimda Muarojambi juga turut hadir.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments