Senin, 18 Desember 2017

Kasasi Ditolak, IDI Minta Bupati Kerinci Segara Ganti Direktur RSUD MHA Thalib


Jumat, 13 Oktober 2017 | 09:42:30 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Jambi kembali memenangkan sengketa penerbitan Putusan Tata Usaha negara terkait pengangkatan Noviar Zen sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MHA Thalib, Kabupaten Kerinci oleh Bupati Adirozal.

Majelis hakim kasasi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi dari tergugat/pemohon kasasi Bupati Kerinci Adirozal dan Noviar Zen selaku tergugat intervensi dalam sengketa ini.

Dalam amar putusannya, majelis hakim yanh diketuai Dr. H Yulius, SH, MH menyatakan menolak kasasi dari pemohon kasasi I Bupati Kerinci dan pemohon II Noviar Zen, serta menghukum pemohon I dan II untuk membayar biaya perkara Rp 500 ribu.

Ketua IDI wilayah Jambi Deri Mulyadi saat dikonfirmasi mengaku telah menerima putusan tersebut Rabu (11/10) lalu. "Putusan kasasi kita menang, karena kasasi pemohon ditolak oleh MA," kata Deri, Kamis (12/10).

Dari putusan tersebut, lanjut Deri, sudah jelas bahwa pengangkatan Noviar Zen tidak sah, karena bertentangan dengan Permenkes, surat edaran, dan Pergub Jambi. Ia pun meminta agar Noviar Zen segara diganti, karena putusan kasasi telah keluar.

"Kita meminta hal ini bisa dieksekusi, demi kepastian hukum dan pelayanan kesehatan di Kerinci," ujarnya.

Selain itu, kata Deri, putusan bisa dilaksanakan dengan baik dan menjadi yurisprudensi. “Kita berharap ada itikad baik dari bupati untuk menjalankan putusan ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, pada putusan pertama PTUN Jambi mengabulkan permohonan IDI. Begitu juga dalam putusan banding PT Medan, menolak permohonan banding permohon yaitu bupati dan Noviar Zen.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments