Sabtu, 21 Oktober 2017

Siswa SDN 01 Diajak Gunakan Bahasa Asing


Jumat, 13 Oktober 2017 | 14:03:45 WIB


Upacara Bendera di SDN 01 Kota Jambi. Saat upacara ini, selain menggunakan bahasa Indonesia, siswa juga menggunakan bahasa Inggris.
Upacara Bendera di SDN 01 Kota Jambi. Saat upacara ini, selain menggunakan bahasa Indonesia, siswa juga menggunakan bahasa Inggris. / Jainal Abidin

JAMBI - Berbeda dengan sekolah lainnya, SDN 01 Kota Jambi melaksanakan upacara bendera dengan menggunakan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SDN 01 Kota Jambi, Taufik mengatakan, cara ini dilakukan agar siswa mudah memahami bahasa Inggris.
Sebab, bahasa ini adalah bahasa dunia, yang dulu masuk dalam pelajaran muatan lokal. "Kini sudah tidak ada lagi," ujarnya.

Namun, di SDN 01 Kota Jambi tetap mewajibkan siswa menggunakan bahasa Inggris agar bisa dikuasai. Karena, kata dia, sekolah ini menggunakan sistem komputer, dalam bahasanya menggunakan bahasa Inggris, karena itu siswa harus memahaminya.

Sehingga, lanjut Taufik, sekolah mengimplementasikan kepada siswa pada kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dengan menggunakan bahasa asing.

Diakuinya, sekolah juga sempat menerapkan bahasa asing lainnya dan bahasa lokal, namun siswa terkendala logat dan intonasi cengkok dalam pengucapan. "Waktu itu kita coba terapkan bahasa Mandarin dan bahasa Jambi, tapi terkendala," sebutnya.

Sehingga, kata dia, bahasa Mandarin dan bahasa Jambi tidak bisa dilanjutkan dalam kegiatan upacara bendera. "Kini yang bertahan hanya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris," paparnya.

Selain itu, melalui guru Bahasa Inggris, SDN 01 Kota Jambi akan memprogramkan penggunaan bahasa Inggris di lingkungan sekolah. Misalnya saat siswa menyapa guru harus dengan menggunakan bahasa Inggris.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments