Senin, 18 Desember 2017

SMPN 19 Terapkan Program Paparan


Jumat, 13 Oktober 2017 | 14:05:53 WIB


Siswa SMPN 19 Kota Jambi saat belajar membaca Al-Qur'an
Siswa SMPN 19 Kota Jambi saat belajar membaca Al-Qur'an / Jainal Abidin

JAMBI - SMPN 19 Kota Jambi terus mengupayakan siswa-siswinya dapat dan gemar membaca Al-Qur’an. Salah satu cara yang dilakukan sekolah yakni dengan membuat program Pembinaan dan Pengembangan Baca Al-Qur’an (PAPARAN).

Nanang Sunarya, Kepala SMPN 19 Kota Jambi menyebutkan, program ini diterapkan agar siswa SMPN 19 Kota Jambi dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

"Karena saat ini anak kita banyak yang buta aksara Al-Qur’an. Jadi kita programkan ini setiap minggunya," kata Nanang, Kamis (12/10) kemarin.

Dengan bisa membaca Al-Qur’an, kata dia, juga menjadi bekal siswa untuk kehidupan sehari-hari. "Jadi mereka bisa membentengi diri dengan agama dan tidak melakukan perbuatan tercela," katanya.

Menurut Nanang, program Paparan ini juga menjadi syarat siswa untuk kenaikan kelas setiap semesternya. "Kalau tidak bisa baca Al-Qu’ran, maka siswa bisa tinggal kelas," tegasnya.

Dalam penerapannya, siswa didampingi guru, sehingga dalam bacaannya dibimbing cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar."Sesuai makhraj dan tajwid," singkatnya.

Sedangkan untuk pelaksanaannya sendiri, ia menjelaskan saat ini baru dilaksanakan seminggu sekali, setiap hari Sabtu. Setelah kegiatan belajar mengejar usai, selama selama 60 menit siswa diajak belajar membaca Al-Qur’an ini.

Program ini mendapat respon baik dari siswa dan orangtua dalam rangka meningkatkan minat baca Al-Qur’an. "Hasilnya akan kita evaluasi dalam forum orangtua untuk mendapatkan dukungan," tuturnya.

Ia berharap, program ini menjadi program rutin masuk dalam kegiatan ekstrakulikuler sekolah dan menjadi bagian syarat utama kenaikan kelas. "Sehingga siswa lebih mengenal Al-Qur’an," katanya.


Penulis: (abd/mg1/ mg3)
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments