Selasa, 17 Oktober 2017

SMAN 4 Olah Tanaman Hidroponik Jadi Makanan


Jumat, 13 Oktober 2017 | 14:11:27 WIB


Siswa SMAN 4 Kota Jambi memasarkan makanan olahan dari tanaman hidroponik ke guru-guru.
Siswa SMAN 4 Kota Jambi memasarkan makanan olahan dari tanaman hidroponik ke guru-guru. / Jainal Abidin

JAMBI – Kreativitas siswa-siswi SMAN 4 Kota Jambi patut diacungi jempol. Bagiamana tidak, sekolah ini rupanya tak hanya berupaya membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman dengan menanam tanaman hidroponik, tetapi mereka juga mengembangkannya menjadi olahan makanan bergizi.

Kepala SMAN 4 Kota Jambi, Yorinal mengatakan, ide menanam tanaman hidroponik ini dimulai dari pengembangan mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Untuk aplikasinya, siswa diajak menanam tanaman hidroponik ini.

Menariknya, kata Yorinal, selain dijelaskan cara bercocok tanam, siswa juga diajarkan cara mengolah tanaman itu menjadi makanan bergizi.

“Tanaman itu diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti puding, pastel, kerupuk dan lainnya. Itu bisa mereka konsumsi sendiri atau dipasarkan,” ujarnya.

Tanaman hidroponik yang telah diolah menjadi makanan tersebut dijual kepada guru, siswa ataupun masyarakat.

Sebagai kepala sekolah, Yorinal berharap, ke depannya kreativitas ini dapat dikembangkan lagi dengan jenis tanaman dan makanan yang dikelola.

"Karena ini bisa jadi modal mereka ketika lulus dari SMAN 4, dengan memanfaatkan benda yang ada di sekitar untuk jadi peluang usaha," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments