Minggu, 19 November 2017

IHSG Gagal Bertahan di Level 6.000


Jumat, 27 Oktober 2017 | 11:27:55 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI –  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), pada Rabu 25 Oktober 2017 menembus level 6.000. Hal ini menunjukan penguatan pada industry pasar modal. Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Jambi, Gusti Ngurah mengatakan, saat ini kekuatan pasar modal sangat dipengaruhi investor domestik, tidak lagi investor asing.

“Dengan menguatnya IHSG ini semakin  memberikan gairah investor domestik pasar modal, sehingga investor semakin banyak, lebih cerdas,” ungkapnya.

Sementara itu, meski sempat pada posisi tertinggi, namun pada penutupan perdagangan, Kamis (26/10), IHSG kembali menduduki level 5.995.84.  

Adanya penguatan pada industry pasar modal secara makro juga ditanggapi Plh Kepala OJK Provinsi Jambi Endang Nuryadin. Menurutnya melihat perkembangan, kinerja industri pasar modal Jambi menunjukkan trend perkembangan yang positif. Sampai dengan posisi akhir Agustus 2017, total investor di Jambi mencapai 5.646 investor.

Endang menegaskan jumlah tersebut meningkat 123,60 persen dari posisi akhir Juni 2016 yang tercatat sebesar 2.525 investor.“Ini artinya masyarakat Jambi semakin memahami pasar modal,”  ujarnya saat kegiatan Kumpul Besar Yuk Nabung Saham 2017 kemarin.

Endang menambahkan, bukan saja jumlah investor yang meningkat. Peningkatkan juga terjadi pada sisi transaksi yang menembus angka Rp 139,92 miliar sampai dengan akhir Agustus 2017.

“OJK mengapresiasi terhadap capaian-capaian ini. Ini tidak lepas dari upaya yang dilakukan IDX Jambi maupun 6 sekuritas yang ada,” kata Endang.

Dikatakannya, pasar modal menjadi primadona baru di sektor keuangan, karena memiliki banyak keunggulan khususnya pembiayaan jangka panjang. Untuk itu, OJK akan terus menerus mendorong pengembangan pasar modal seperti dengan mendukung program galeri investasi BEI dan pembentukan kelompok studi pasar modal dibebagai kampus dan lain-lainnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments