Senin, 21 Mei 2018


Jasa Raharja Salurkan Rp 850 Juta Dana Kemitraan


Senin, 23 Oktober 2017 | 10:43:25 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - PT Jasa Raharja Persero cabang Jambi, hingga Oktober ini, telah menyalurkan dana kemitraan Rp 850 juta kepada mitra binaan. Jumlah ini telah mencapai target 100 persen.

Kepala PT Jasa Raharja Persero cabang Jambi, Amanudin mengatakan, dana kemitraan ini adalah program dari Jasa Raharja (Persero) untuk memberdayakan ekonomi pengusaha mikro dan kecil.

"Artinya program kemitraan ini lebih banyak melibatkan sektor informal dengan skala usaha kecil yang biasanya belum terlayani oleh perbankan atau non bankable," jelasnya.

Amaludin menyebutkan, program kemitraan ini termasuk dalam program sosial yang didapat dari penyisihan laba untuk program kemitraan dan bina lingkungan.

Dikatakannya, penyaluran dana kemitraan tahun 2017 ini berjalan selama tiga tahap. Untuk program ini, pihaknya telah memberikan pinjaman lunak kepada pengusaha kecil dengan jangka waktu pinjaman selama 3 tahun dan bunga 6 persen.

"Jasa Raharja akan menerima pengajuan modal usaha dari pelaku UKM yang masuk, namun sebelum menyalurkan pinjaman, dana itu harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu," ungkapnya.

Pada tahun 2018, Jasa Raharja cabang Jambi masih akan menyalurkan dana program kemitraan ini bagi pelaku usaha kecil dan mikro.
Hanya saja, berapa anggaran yang tersedia untuk dana pinjaman program kemitraan untuk Provinsi Jambi, Amanudin belum mengetahui.

"Syaratnya secara fisik memang benar ada usahanya. Usahanya harus sehat dan untuk pinjaman yang bisa diberikan itu maksimal Rp 25 juta,"  katanya.

Jenis usaha yang sudah menjadi mitra binaan Jasa Raharja adalah industri, perdagangan, perikanan dan jasa. "Pinjaman ini untuk modal dan kelanjutan usaha yang diharapkan untuk dicicil secara rutin sesuai perjanjian," ungkapnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments