Minggu, 19 November 2017

PetroChina Jabung Dukung Pengembangan Potensi Masyarakat TJB


Senin, 30 Oktober 2017 | 22:39:21 WIB


Serah terima CSR PetroChina ke Pemkab Tanjabbar
Serah terima CSR PetroChina ke Pemkab Tanjabbar / Ist

JAMBI- PetroChina International Jabung Ltd. terus mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (TJB) memajukan potensi masyarakatnya.

Pada hari Senin, 30 Oktober 2017, PetroChina secara simbolis menyerahkan bantuan di bidang pemberdayaan UMKM, pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat di kabupaten tersebut.

Vice President Human Resources and Relations Maryke Pulunggono, mewakili Presiden PetroChina Gong Bencai, menyerahkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan kepada Bupati TJB Dr Ir H Safrial MS.

Penyerahan Mobil Pintar, yaitu program pengadaan perpustakaan keliling bagi pelajar dan masyarakat TJB, berlangsung di sela-sela upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di aula kantor Bupati Kabupaten TJB.

Sedangkan program pemberdayaan UMKM, Gerai UMKM, program pembangunan ruang kelas di sekolah dan pembangunan IGD puskesmas diserahterimakan pada Senin siang di Gerai UMKM Desa Mekar Jaya Betara.

Maryke mengatakan PetroChina terus berupaya menyediakan program tanggung jawab sosial terbaik yang hasilnya bisa dirasakan seluruh masyarakat.

“PetroChina telah berada di bumi Tanjung Jabung selama 15 tahun. Selama kurun waktu itu, kami terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan kelompok masyarakat untuk memastikan program kami tepat sasaran dan bermanfaat,” tuturnya.

“Tujuan program sosial PetroChina adalah membantu masyarakat mencapai potensi terbaiknya. Kami fokus pada isu pendidikan dan kesehatan sebagai dasar membentuk masyarakat yang maju, dan pemberdayaan ekonomi agar mereka bisa menikmati kehidupan yang baik,” ujar Maryke.

Tahun 2017, PetroChina menyerahkan bantuan 1 unit Mobil Pintar, yakni perpustakaan keliling yang dilengkapi dengan berbagai macam buku cerita dan pengetahuan, komputer jinjing dengan koneksi internet, tenda, kursi dan lain lain.

Sebagian buku yang ada di dalam Mobil Pintar merupakan sumbangan pribadi para karyawan PetroChina. “Donasi buku ini merupakan sumbangsih kami untuk menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat Tanjung Jabung Barat,” tambahnya.

Selain program Mobil Pintar, PetroChina memiliki program “Generasi Cerdas” berupa pembangunan dua ruang kelas baru SMP Negeri Satu Atap 4, Desa Pematang Buluh Kecamatan Betara. Dengan pembangunan ini, kami berharap kualitas pengajaran akan meningkat.

Di bidang kesehatan, PetroChina telah melaksanakan berbagai program, mulai dari pemberdayaan hingga penyediaan sarana dan infrastruktur kesehatan.

Tahun 2017, PetroChina mendirikan bangunan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Tungkal 2 Kecamatan Tungkal Ilir. Bangunan ini terletak di samping gedung utama Puskesmas Tungkal II. Fasilitas ini bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan sehari-hari maupun saat terjadi bencana.

Melalui program pemberdayaan UMKM “Jambi Kreatif”, PetroChina turut berupaya mendukung perekonomian warga agar lebih menggeliat dan tumbuh. Kami memberikan empat tahap pelatihan dan pendampingan kepada 122 pelaku UMKM dari berbagai jenis usaha produk maupun jasa. Para penerima manfaat dilatih dan di dampingi untuk memahami manajemen keuangan, pengembangan dan pengemasan produk/jasa, pemasaran dan pengembangan akses pasar, serta koperasi.

Untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM, dibutuhkan wadah untuk memajang dan memasarkan karya para pelaku usaha lokal. PetroChina membangun Gerai UMKM sebagai tempat berkumpul komunitas UMKM, sekaligus etalase untuk mereka memasarkan berbagai karyanya. Dari tempat ini, kami berharap UMKM lokal akan mampu menembus pasar yang lebih luas.

“Program sosial yang bermanfaat dan berkelanjutan akan menjadi bukti bahwa keberadaan kami membawa kebaikan bagi masyarakat sekitar,” pungkas Maryke.

PetroChina merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Wilayah operasi PetroChina Blok Jabung meliputi tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, dan Muaro Jambi.***


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments