Minggu, 19 November 2017

Harga Jual Pinang Terjun Bebas


Kamis, 02 November 2017 | 11:18:31 WIB


Harga jual pinang terus turun
Harga jual pinang terus turun / Nanang Suratno

MUARASABAK - Sejak sebulan terakhir masyarakat petani pinang di Kabupaten Tanjabtim, mengalami kegaduhan. Pasalnya harga jual pinang terjun bebas dari harga sebelumnya.

Bahkan saat ini harga pinang basah ditingkat petani tinggal Rp 9.000 perkilo, padahal sebelumnya berada diangka Rp 12.500 perkilo. Sementara pinang kering, yang semula Rp 18.000 ditingkat petani saat ini tinggal Rp 11.000 perkilo.

Peno salah satu penampung pinang di Kecamatan Singkep mengatakan, akhir-akhir ini sudah dua kali terjadi penurunan harga.

"Awalnya hanya turun Rp 500 perkilo, akhirnya sampai Rp 9.000 untuk pinang basah. Harga ini diperkirakan masih akan terus terjadi,’’ ujarnya.
"Penyebab turunnya harga pinang karena ada beberapa penampung menutup sementara pembelian. Tidak diketahui apa penyebabnya. Bahkan, akibat itu beberapa penampung ditingkatan petani panik, karena bingung pinang akan dijual kemana," katanya.

Dikatakan Peno, meski di gudang miliknya banyak pinang dan tidak tau harus dijual kemana, tetapi selaku penampung, jika ada petani yang mengantar dirinya tetap mengambil.

"Terkadang ada 2 kilo petani antar, kita tetap harus tampung," ujarnya.

Asmalaili, petani pinang mengatakan, dirinya hanya bisa mengikuti harga yang diberikan penampung. Terlebih lagi petani biasanya mengajukan pinjaman untuk kebutuhan hidup kepada penampung dengan jaminan hasil pinang.

"Karena yang kami hasilkan hanya pinang ya terpaksa meski harga turun, tetap pinang yang kami kerjakan," katanya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments