Jumat, 24 November 2017

Diserahkan ke Jaksa, Anggota DPRD Tanjabbar Riano Ditahan


Kamis, 09 November 2017 | 12:38:23 WIB


Riano saat dilimpahkan ke JPU Kejari Tanjabbar, Kamis (9/11)
Riano saat dilimpahkan ke JPU Kejari Tanjabbar, Kamis (9/11) / Solihin

KUALATUNGKAL - Berkas pemeriksaan terhadap Riano, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) yang tersangkut kasus dugaan penodaan agama, belum lama ini telah dinyatakan lengkap oleh pihak kejaksaan.

Sebagai tindak panjut, hari ini, Kamis (9/11), penyidik Satreskrim Polres Tanjabbar yang menangani kasus tersebut, telah melakukan pelimpahan tahap II, tersangka beserta barsng bukti kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjabbar.

"Tersangka beserta barang bukti sudah kita limpahkan. Untuk proses selanjutnya sudah menjadi kewenangan jaksa," ujar Kasat Reskrim Polres Tanjabbar AKP Pandit saat dikonfirmasi.

Dalam kasus ini, lanjut Pandit, Riano dijerat dengan pasal 28 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 jo pasal 45A ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

"Perkaranya yakni tindak pidana setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dari atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku agama ras dan golongan (SARA)," pungkasnya.

Usai pelimpahan, pihak kejaksaan langsung melakukan penahanan terhadap Riano. Sebelumnya saat proses pemeriksaan di Polres Tanjababr, Riano juga ditahan oleh penyidik.


Penulis: Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments