Jumat, 24 November 2017

Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 72


Jumat, 10 November 2017 | 14:21:06 WIB


Pemkab Tanjabbarat menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke 72
Pemkab Tanjabbarat menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke 72 / Muammar Solihin

KUALATUNGKAL - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Jumat (10/11), menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke 72. Bupati Tanjabbar Dr. Ir. H. Safrial MS langsung bertindak sebagai inspektur upacara.

Turut hadir Dandim 0419/Tanjab Letkol Arh. Hary Sassono Utomo, Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga, Ketua Pengadilan Negeri Achmad Peten Sili, Kajari Tanjabbar Tri Joko, serta Sekdakab Ambok Tuo.

Juga hadir para pejabat eselon II, III, dan IV dilingkungan Pemkab Tanjabbar, para veteran, serta perwakilan GOW dan tamu undangan lainnya. Sementara peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, ASN, Organisasi kemasyarakatan (Ormas), siswa-siswi SD, SMP, SMA, SMK.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Safrial mengatakan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema "Memperkokoh Persatuan, Membangun Negeri".

Dalam sambutannya Mensos mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak melupakan jasa para pahlawan perintis kemerdekaan. Tanpa ada pengorbanan para pahlawan, kata Khofifah, mungkin belum tentu kemerdekaan Indonesia dapat diproklamirkan.

"Jangan pernah melupakan jasa pahlawan. Para pahlawan telah membangun jembatan emas bagi terbentuknya Indonesia yang merdeka, berdaulat, dan bersatu," ujar Khofifah dalam sambutannya.

Selain itu, Khofifah juga mengajak seluh masyarakat Indonesia untuk terus berjuang, bekerja, dan berkarya. "Kita harus bisa menjadi pahlawan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara," pungkasnya.

Usai Upacara Bupati Tanjabbar Safrial menyerahkan santunan kepada janda-janda istri pejuang kemerdekaan (veteran) yang ada di Kabupaten Tanjabbar. Kemudian Safrial dan forkompimda melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Satria Yudha Pengabuan di Desa Pembengis, Kecamatan Bram Itam Itam.

Selain itu, juga dilaksanakan ziarah laut (pelarungan bunga) di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal sebagai ucapan kehormatan kepada arwah para pahlawan kusuma bangsa.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments