Jumat, 24 November 2017

Kantin SMAN 3 Disidak BPOM

Uji Kesehatan Jajanan Sekolah

Jumat, 10 November 2017 | 16:22:42 WIB


Tim BPOM Provinsi Jambi saat memeriksa makanan yang dijajakan di kantin SMAN 3 Kota Jambi
Tim BPOM Provinsi Jambi saat memeriksa makanan yang dijajakan di kantin SMAN 3 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - SMA Negeri 3 Kota Jambi, Rabu (8/11) kemarin, didatangi Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi. BPOM datang untuk memeriksa menguji kesehatan jajanan dan makanan yang dijual di kantin sekolah tersebut.

Staf Seksi Sertifikasi Layanan Informasi Konsumen BPOM, Ayeni mengatakan, pemeriksaan makanan yang dijual di kantin sekolah ini merupakan bagian dari program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).

"Kita datang ke sekolah-sekolah untuk menguji apakah makanan itu layak dikonsumsi warga sekolah atau tidak. Ada 500 sekolah yang akan dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Menurutnya, dari 500 sekolah ini, nantinya 35 sekolah dapat dilakukan penilaian, dan menghasilkan penilaian yang baik, serta mendapatkan penghargaan. "Minimal 10 sekolah, mendapatkan piagam bintang," sebutnya.

Yang menjadi penilaian BPOM, kata Ayeni adalah, pihaknya akan mengambil contoh makanan, sebagai sampling yang akan dilakukan uji laboratorium. "Contoh makan itu akan kita bawa, dan kita periksa, apakah mengandung bahan berbahaya," katanya.

Selain itu, para pedagang dan tempat berjualan juga tak terlepas dari pemeriksaan, baik dari segi kebersihan pedagang, maupun kebersihan tempatnya. "Tangan dan badan pedagang harus bersih. Termasuk pakaian dan tempat sampah, serta makanan itu sendiri," paparnya.

Dikatakannya, kedatangan tim BPOM ke sekolah-sekolah ini tanpa pemberitahuan, sehingga tidak diketahui pihak sekolah, maupun kantin.
"Kalau diberi tahu, takutnya sekolah dan kantin sudah bersiap-siap dan mensetting kebersihan," katanya.

Hasil pemeriksaan ini akan disampaikan ke sekolah- setelah pemeriksaan selesai. ‘’Sekolah akan dihubungi melalui ponsel, apakah kantinnya sehat atau menjual makanan berbahan bahaya," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN 3, Emyetri menyebutkan, membenarkan kedatangan BPOM yang tanpa pemberitahuan sebelumnya. "Sempat terkejut awalnya, BPOM datang mau sidak kantin SMA Negeri 3 Kota Jambi," sebutnya.

Kendati demikian, kata Emyetri, pihaknya sangat antusias atas kegiatan BPOP yang memeriksa makanan yang dijual kantin sekolah. Sebab makanan tersebut dikonsumsi siswa dan guru.

"Jadi kita tahu, kalau ada kantin sekolah yang curang jualan jajanan," paparnya.

Dikatakan Emyetri, sekolah telah menghimbau kepada pemilik kantin agar menjaga kesehatan makanan yang dijual, sehingga tidak membahayakan kesehatan yang memakannya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments