Jumat, 24 November 2017

SMP IT Nurul Ilmi Beri Penghargaan

Siswa Terbaik Ibadah dan Membaca Buku

Jumat, 10 November 2017 | 16:34:41 WIB


Pelajar SMP Nurul Ilmi meraih penghargaan karena dinilai rajin beribadah dan membaca buku
Pelajar SMP Nurul Ilmi meraih penghargaan karena dinilai rajin beribadah dan membaca buku / Jainal Abidin

JAMBI - Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Nurul Ilmi Kota Jambi, selalu memberikan motivasi kepada siswa-siswinya yang berprestasi. Baik itu prestasi di dalam maupun di luar sekolah, seperti siswa terbaik mengerjakan ibadah dan membaca buku.

Kepala SMP IT Nurul Ilmi, Budi Taufiq mengatakan, sesuai program Nurul Ilmi, sekolah menekankan pendidikan karakter peserta didik dengan pendalaman keagamaan Islam.

Menurutnya dengan pendidikan karakter di sekolah, siswa dibiasakan praktik ibadah salat, baik di lingkungan sekolah, maupun ketika berada di rumah. "Sekolah nanti akan memilih 1 siswa terbaik, baik putra maupun putri," jelasnya.

Ibadah lainnya juga menjadi penilaian, untuk mendapatkan penghargaan yang diberikan sebulan sekali. "Penilaiannya seminggu sekali dan pemberian penghargaan sebulan sekali," ujarnya.

Budi mengatakan, dalam praktik ibadah salat siswa, guru kelas melakukan evaluasi setiap hari sesuai buku praktik ibadah harian yang dipegang siswa. "Buku ibadah mutaba'ah harian ini seperti absen dan dibawa oleh siswa," ujarnya.

Selain praktik ibadah, sekolah juga memberikan penghargaan kepada siswa terbanyak membaca buku, baik literasi bacaan, maupun jumlah bukunya sendiri. "Setiap pagi, siswa diberi waktu 15 menit untuk membaca buku," sebutnya.

Dengan pola memberikan penghargaan ini, sekolah memiliki tujuan agar siswa terbiasa mengerjakan tugasnya, baik melaksanakan ibadah salat, maupun membaca buku.

Selain itu, pihaknya juga menjalankan program yayasan, sesuai dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan. "Sesuai syariat agama Islam, yakni mengerjakan ibadah," katanya.

Ia berharap dengan penerapan ini, siswa akan terbiasa melakukan ibadah maupun membaca buku, hingga tua nanti. "Tidak hanya saat bersekolah di SIT Nurul Ilmi saja," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments