Jumat, 24 November 2017

Gugatan Syaihu Dilanjutkan ke Tahap Pembuktian


Jumat, 10 November 2017 | 23:12:14 WIB


Suasana sidang gugatan M Syaihu di PN Sarolangun, Jumat (10/11)
Suasana sidang gugatan M Syaihu di PN Sarolangun, Jumat (10/11) / Luncai Hendri

SAROLANGUN – Sidang perkara gugatan Muhammad Syaihu, terhadap keputusan pengurus DPC, DPD, DPP, dan Mahkamah Partai PDI Perjuangan atas Pergantian Antar Waktu (PAW) dengan calon Suka Setiva, dinyatakan dilanjutkan dengan pemeriksaan materi pokok perkara.

Putusan ini ditetapkan oleh majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Sarolangun yang diketui oleh R Agung Ariwibowo, SH bersama dua anggota majlis, Philip Mark Soentepiet, SH dan Muhammad Affan, SH, Jumat (10/11).

Dalam putusan sela ini, hakim memutuskan perkara gugatan yang dilayangkan oleh H. M Syaihu tertanggal 12 September dikabulkan dan pemeriksaan gugatan penggugat dilanjutkan, dan memerintahkan penggugat dan tergugat untuk hadir pada persidangan Senin Senin (13/11) mendatang dengan agenda pembuktian.

"Putusan sela tadi sudah dibaca oleh majelis hakim, artinya perkara ini diteruskan memasuki pokok perkara dengan agenda pembuktian yang diagendakan Senin depan," kata Humas PN Sarolangun Muhammad Affan, sekaligus anggota majelis hakim, saat dikonfirmasi.

Samaratul Fuad, kuasa hukum penggugat mengatakan bahwa kliennya sudah melayangkan surat permohonan penyelesaain sengketa tanggal 3 Februari, dan itu ada tanda terima dari partai, karena sudah memasuki 60 hari, tapi tidak ada respon.

Kemudian, kata dia, pihaknya kembali melayangkan surat kedua tertanggal 6 April 2017 itu, untuk mempertanyakan surat permohonan tertanggal 3 Februari itu. Dan gugatan yang dilayangkan ke PN Sarolangun tertanggal 12 September 2017, juga tidak ada respon dan jawaban dari partai.

Selain menyurati secara resmi Partai PDI.P, Smaratul Fuad juga mengakui jika kliennya juga sudah mengkonfirmasikan persoalan permohonan secara lisan ke Sekretarian DPP Partai PDIP. Namun saat itu jawaban Sekretarian surat yang dilayangkan pengugat belum turun juga dari pimpinan.

“Karena tidak jelas dan tidak ada tanggapan sampai dimasukkanya gugatan tertanggal 11 September 2017,” pungkas Samaratul.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Kabupaten Sarolangun Gunawan, dikonfirmasikan di gedung PN Sarolangun, mengakui jika pengugat sudah menyalahi aturan partai, maka diberhentikan baik dari Keanggotaan Partai dan sebagai Ketua Partai.

“Partai sudah secara aturan mengambil keputusan,” kata Gunawan sambil mencerita awal mula terjadinya gugatan ke PN Sarolangun tersebut dan mengakui selain ke PN Sarolangun, pihaknya (PDIP,red) juga diadukan ke Mapolres Sarolangun soal pemalsuan surat.

“Kita juga diadukan ke Polres, soal pemalsuan surat,” ujarnya lagi.

Untuk diketahui, dalam perkara ini ada 12 keputusan partai PDI.P yang digugat H M Syaihu, ke Pengadilan Negeri Sarolangun. Diantaranya adalah soal pemerhentian dirinya dari keanggotaan partai, dari Ketua DPC Partai dan pengusulan PAW.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments