Jumat, 24 November 2017

SMK PGRI I Produksi Telur Asin

Pengembangan Pelajaran Kewirausahaan

Sabtu, 11 November 2017 | 13:08:25 WIB


Siswa SMK PGRI I Kota Jambi tengah memproduksi telur asin
Siswa SMK PGRI I Kota Jambi tengah memproduksi telur asin / Jainal Abidin

JAMBI - Upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan sekolah terus dilakukan SMK PGRI I Kota Jambi. Bukan hanya dalam bidang akademik, namun juga non akademik.

Seperti dalam bidang kewirausahaan, SMK PGRI I Kota Jambi mengajarkan siswa memproduksi telur asin, sebagai ciri khas keunggulan sekolah.Kepala SMK PGRI I Kota Jambi Subyanto mengatakan, kegiatan pembuatan telur asin ini, merupakan program sekolah, dalam mengembangkan kewirausahaan, sekaligus mengajarkan siswa mandiri . 

"Salah satu cara mengajarkan siswa mengembangkan kewirausahaan adalah memberikan keahlian membuat telur asin," ujarnya, Jumat (10/11) kemarin.
Menurutnya, pembuatan telur asin ini sudah dilaksanakan sajak 2 tahun lalu, dengan memberikan pendampingan setiap kelasnya. "Dari modal awal 30 butir, kini sekali produksi sudah mencapai 270 butir telur asin," jelasnya.

Produksi telur asin yang dihasilkan SMK PGRI I ini, kata Subyanto dipasarkan kepada konsumen, dengan melibatkan siswa langsung untuk melakukan pemasaran.

"Mereka (siswa, red) jual di instansi swasta dan pemerintahan, dengan bekal surat jalan dari sekolah, dan selalu habis jualannya," ungkapnya.Hasil penjualan, keuntungannya dibagi dua, untuk siswa yang berjualan dan untuk sekolah. Keuntungan yang di sekolah ini, untuk menambah modal produksi telur asin berikutnya.

Subyanto menyebutkan, pihaknya saat ini masih terkendala ruangan produksi pembuatan telur asin, sehingga masih bergabung dengan ruangan produksi pemasaran, yang relatif sempit.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada pemerintah memberikan bantuan ruangan khusus sebagai tempat produksi telir asin di SMK PGRI I. "Sehingga produksi telur asin semakin berkembang," harapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memetakan produksi yang dihasilkan sekolah, dengan membuat merek dagang telur asin buatan SMK PGRI I Kota Jambi.
"Biar masyarakat tahu, sekolah punya keunggulan dalam bidang usaha produksi telur asin," ujarnya.

Terpisah, Jihan Marlina, soswi Kelas XI Pemasaran menyebutkan, kegiatan produksi telur asin merupakan pengembangan dari pelajaran kewirausahaan. "Guru menjelaskan di kelas, kita kemudian mempraktikkannya," sebutnya.

Dikatakannya, pembuatan telur asin sendiri menggunakan bahan campuran tanah liat berwarna kuning, abu gosok, dan garam yang membuat rasa telur menjadi asin, dan bahan utamanya telur bebek.

"Telur dibalut dengan campuran tanah liat, abu gosok dan garam, kemudian diendapkan sepekan di dalam wadah," katanya. Jihan menyebutkan, kegiatan ini sangat menarik, karena dapat mengimplementasikan pembelajaran di kelas dengan memproduksi dan memasarkan langsung. "Apalagi sudah punya langganan, pembeli puas dengan telur asin buatan SMK PGRK I," jelasnya.

Selain di sekolah kata Jihan, dirinya juga mengembangkan produksi telur asin di rumah, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. "Kalau telur asin yang dibuat di rumah dipasarkan ke rumah-rumah warga sekitar," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments