Sabtu, 16 Desember 2017

Generasi Muda Diajak Teladani Para Pahlawan


Jumat, 10 November 2017 | 11:46:39 WIB


Para narasumber yang hadir dalam kegiatan diskusi dan dialog FDJ dengan tema “Menjiwai Semangat Kepahlawanan Dalam Memelihara Persatuan dan Kesatuan Bangsa”
Para narasumber yang hadir dalam kegiatan diskusi dan dialog FDJ dengan tema “Menjiwai Semangat Kepahlawanan Dalam Memelihara Persatuan dan Kesatuan Bangsa” / istimewa

JAMBI – Forum Diskusi Jambi (FDJ) belum lama ini menggelar kegiatan diskusi dan dialog dengan tema “Menjiwai Semangat Kepahlawanan Dalam Memelihara Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Palmerah, Kota Jambi Mursida, serta sejumlah lurah/kepala desa, serta mahasiswa.

Tiga orang pembicara dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah guru besar Fakultas Hukum Universitas Jambi (Unja) Prof. H. Rozali Abdullah, SH dan Prof. Dr. Elita Rahim SH, MH, serta dosen Fisipol Unja Citra Darminto, S.IP, M.IP.

Dalam pemaparannya Rozali Abdullah menyampaikan jika meneladani dan menghargai jasa para pahlawan merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap sejarah bangsa Indonesia. Dikatakan Rozali, sejarah panjang bangsa Indonesia telah banyak menglahirkan para pahlawan.

Lantas apa yang bisa dilakukan generasi muda saat ini? “Generasi muda saat ini harus bisa meneladani dan mewarisi sifat-sifat kepahlawanan, seperti nasionalisme, patriotisme, dan juga kenegarawan,” ujar Rozali di hadapan para peserta kegiatan.

Ditambahkannya, generasi muda saat ini juga harus bisa meneruskan cita-cita dan perjuangan para pahlawan terdahulu. “Kita generasi saat ini harus bisa menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, serta menjaga keutuhan bangsa Indonesia,” tandasnya.

Adapun Prof. Elita Rahim dalam pemaparannya mengatakan, bangsa Indonesia banyak memiliki pahlawan yang jasanya terus dikenang hingga saat ini. Menurut Elita, banyak hal yang bisa ditiru generasi muda saat ini dari para pahlawan, seperti keteladanan, semangat juang, serta rasa cinta tanah air.

“Nilai inilah yang harus menjadi modal para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa, untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan yang sudah diraih oleh para pahlawan kita,” ujar Elita.

Sementara itu, Citra Darminto dalam pemaparannya mengatakan, saat ini musuh atau penjajah tidak lagi menggunakan senjata, tetapi dengan teknologi. Menurut Citra, dengan perkembangan zaman seperti saat sekarang ini, semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda sudah jauh berkurang.

“Buktinya tawuran, narkoba, seks bebas, minuman keras, dan lain sebagainya, marak di kalangan generasi muda, yang juga berdampak pada kemajuan bangsa. Ini karena generasi muda adalah penerus bangsa,” beber Citra.

Untuk itu, di tengah kemajuan zaman saat ini, Citra mengajak para generasi muda untuk kembali memaknai semangat kepahlawanan yang telah bersusah payah memerdekakan negara ini. Caranya, dengan terus belajar menuntut ilmu, serta menjauhi hal-hal yang tidak bermanfaat seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, dan lain sebagainya.

“Jiwa dan semangat kepahlawanan bagi generasi muda adalah generasi yang tidak pernah melupakan semua jasa orang tua yang telah melahirkan, mengasuh, menjaga dan membesarkannya menjadi manusia yang mandiri dan berguna. Serta generasi yang tidak pernah lupa dari rasa syukur atas karunia kecerdasan dan jasa baik para guru yang memerdekakan dari belenggu kebodohan,” pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments